25 radar bogor

Ngeri! Video Penampakan Awan Tebal Seperti Gumpalan Abu Vulkanik di Pandeglang

Penampakan awan seperti abu vulkanik di langit Pandeglang, Banten, Kamis (27/12/2018) pagi.
Penampakan awan seperti abu vulkanik di langit Pandeglang, Banten, Kamis (27/12/2018) pagi. Foto Hendi/Radar Bogor

PANDEGLANG-RADAR BOGOR, Sejak semalam hingga pagi tadi, kawasan Pandeglang, Provinsi Banten, terus diguyur hujan. Masyarakat juga dikejutkan dengan fenomena awan tebal mirip kepulan asap. Diduga, awan tersebut merupakan abu vulkanik yang mengarah ke timur.

“Sepertinya, mas (abu vulkanik). Soalnya baru kelihatan ada awan seperti itu,” beber Bakri, (56) warga Desa Menes saat Radar Bogor wawancarai.

Sementara itu, kondisi lalu lintas juga terbilang sepi kendaraan. Kemungkinan besar, karena hujan deras yang terjadi sejak malam tadi.

Di lokasi lain, kawasan wisata pantai Tanjung Lesung juga masih sepi aktivitas. Hanya terlihat beberapa relawan baik umun maupun dari Basarnas dan TNI Polri yang hilir mudik di kawasan tersebut.

Informasi yang diterima, saat ini evakuasi di Pandeglang, terutama di Kecamatan Panimbang terfokus pada Desa Sumur yang sempat terisolasi sampai beberapa hari kemarin.

Namun saat ini, akses menuju ke desa tersebut sudah bisa dilalui kendaraan. Kondisi lainnya, aliran listrik juga belum terpenuhi di kecamatan tersebut. Tak hanya itu, jaringan semua operator juga ikut lumpuh.

Informasi yang dilansir pula, Pusat Pemantauan Erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK) menyatakan bahwa saat ini abu vulkanik bergerak ke arah timur menuju Anyer dan Cilegon. (dka)

https://www.youtube.com/watch?v=pCRdEzONgC8&feature=youtu.be