25 radar bogor

Untuk Keamanan Berkendara, IPB Adakan Seminar Edukasi

Unit Transportasi Kampus (UTK) IPB beserta Kepolisian Resor (Polres) Bogor mengadakan Seminar Edukasi dengan tajuk “Green Transportation dan Safety Riding/Driving” di Auditorium Common Class Room (CCR), Kampus IPB Dramaga, Bogor (19/12).
Unit Transportasi Kampus (UTK) IPB beserta Kepolisian Resor (Polres) Bogor mengadakan Seminar Edukasi dengan tajuk “Green Transportation dan Safety Riding/Driving” di Auditorium Common Class Room (CCR), Kampus IPB Dramaga, Bogor (19/12).

BOGOR-RADAR BOGOR, Untuk mendukung kenyamanan mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan serta masyarakat umum dalam berkendara di sekitar kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), Unit Transportasi Kampus (UTK) IPB beserta Kepolisian Resor (Polres) Bogor mengadakan Seminar Edukasi dengan tajuk “Green Transportation dan Safety Riding/Driving” di Auditorium Common Class Room (CCR), Kampus IPB Dramaga, Bogor (19/12).

“Seluruh civitas akademika IPB dan masyarakat sekitar harus aman ketika berkendara di sekitar kampus, maka diperlukan adanya suatu edukasi. Diharapkan tidak adanya keterpaksaan dalam mengikuti edukasi ini, agar hasil yang didapatkan menjadi budaya dalam diri kita. Ketika telah membudaya, maka akan tercipta sebuah ketertiban dalam berkendara,” tutur Wakil Rektor Bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan, Prof. Dr. Erika Budiarti Laconi dalam sambutannya.

Dr. Erika menambahkan seminar edukasi ini diselenggarakan guna menyadarkan civitas akademika terkait perlunya menjaga keselamatan bagi diri sendiri ketika berkendara. Ketika rasa disiplin telah terbangun, maka secara otomatis individu telah menaati aturan dengan melakukan savety riding dan driving.

“Dalam mendukung kenyamanan berkendara, IPB telah menerapkan kebijakan green transportation. Ke depannya, kita akan membuat selasar agar ketika mahasiswa bersepeda dan berjalan kaki dapat merasa nyaman. Selain itu, dalam mendukung Safety Riding and Driving, IPB mempunyai gagasan agar mahasiswa dapat membuat Surat Ijin Mengemudi (SIM) di IPB dan menerapkan aturan wajib menggunakan helm bagi pengendara sepeda motor ketika memasuki lingkungan kampus,” ujar Prof. Erika.

Seminar ini menghadirkan Dr. Ir. Agus Oman Sudrajat, M.Sc., selaku Kepala Unit Transportasi Kampus (UTK) IPB dengan topik “Green Transportation” dan Ipda Ketut Lasswarjana, S.H selaku Kepala Unit (Kanit) Dikyasa Kepolisian Resor (Polres) Bogor, dengan topik “Safety Riding dan Driving di Dalam Kampus”.

“Penerapan green transportation selain diharapkan dapat menjaga lingkungan, diharapkan pula dapat mendukung gerakan safety riding and driving. Civitas akademika dan masyarakat dapat lebih aman dan nyaman ketika berkendara menggunakan fasilitas green trasportation yang disediakan seperti bus kampus,” ujar Dr. Oman.

Selain itu, Ipda Ketut turut menyampaikan perlunya menjaga etika ketika berkendara di dalam kampus. (KR/Zul)