25 radar bogor

Pasokan Air Bersih ke Bogor Selatan Tersendat, PDAM Lakukan Perbaikan. Ini Daerah yang Terdampak!

Ilustrasi PDAM
Ilustrasi PDAM

BOGOR – RADAR BOGOR, Pasokan air dari PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor ke sejumlah wilayah di Kecamatan Bogor Selatan, tersendat.

Seperti yang diutarakan Untung, salah satu warga Kelurahan Rangga Mekar. Ia mengaku, akhir-akhir ini di jalur BNR air tidak mengalir dengan baik setiap pagi. “Banyak komplain. Saya mohon bantuannya agar air dapat mengalir lancar kembali,” ucap Untung kepada Radar Bogor, kemarin.

Ya, gangguan pasokan air bersih di sebagian wilayah zona V dan VI beberapa hari terakhir dipicu kerusakan pada Stop Valve 12 inch di Bak Pelepas Tekanan (BPT) Gunung Gadung. Untuk itu, PDAM memperbaiki bangunan penunjang jalur pipa transmisi dan distribusi itu pada Selasa (18/12) sore.

Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Syaban Maulana melalui Asisten Manajer Humas, Popi Rustanti menuturkan, petugas mendeteksi ada gangguan fungsi Stop Valve pada BPT Gunung Gadung yang menyebabkan pasokan air tersedat di sebagian wilayah zona V dan VI.

“Awalnya operator Sumber Air Bantar Kambing melaporkan ada overflow di sumber air, kemudian laporan air tidak mengalir dari pelanggan di Pamoyanan, Perumahan Onix sampai ke kita. Petugas lalu menelusuri jalur pipa dari Sumber Air Bantar Kambing hingga Cipaku. Sempat ada udara yang terjebak di dalam pipa yang menghambat jalur air, lalu kita buang melalui skur dan washout,” tutur Popi.

Menurut dia, petugas sudah melakukan normalisasi pengaliran dan air sempat mengalir di beberapa tempat. Namun, pelanggan melaporkan kembali pasokan air tersendat. Petugas pun kembali melakukan penelusuran jalur pipa.

“Beberapa hari melakukan penelusuran, petugas melihat ada gangguan pada fungsi Stop Valve di BPT Gunung Gadung. Akhir diperbaiki sore ini (18/12),” tambah Popi.

Selama perbaiki, petugas akan menutup pasokan air jalur Bantar Kambing – Cipaku. Penutupan pasokan ini berpotensi menyebabkan gangguan pengaliran di dua zona, yakni zona V; Pamoyanan – Pabuaran dan sekitarnya, Perumahan Onix, Kampung Babakan Sirna, Perumahan Kebun Raya Residen, Kp Sawah Bera, Perum BNR The Fussion.

Kemudian zona VI yakni Mulyaharja Cibeureum, Perumahan Telkom, Jalan Cibeureum Sunting, Gang Kosasih Cikaret, Gang Pangumbahan, Gang Basir, Gang Flamboyan, Hotel Aston dan The Jungle.

“Perbaikian Selasa sore pukul 17:00, dan kemungkinan selesai Rabu pagi (19/12) pukul 03:00. Namun, pasokan akan pulih secara pertahap hingga Rabu siang, karena petugas harus melakukan proses recovery jaringan. Ini perlu waktu,” kata mantan Kepala Sub Bagian Hubungan Langganan itu.

PDAM menyiapkan pasokan air bersih melalui tangki bagi pelanggan yang membutuhkan dengan menghubungi Call Center PDAM di nomor 0251-8324111 dan Whatsapp 08111182123. “Atas nama manajemen, kami mohon maaf atas gangguan pelayanan ini,” pungkasnya. (rp2/c)