25 radar bogor

Tahun Ini Sepuluh Proyek Pemkab Bogor Gagal Lelang, Segini Nilainya!

Gagal lelang

CIBINONG-RADAR BOGOR, Setiap tahunnya ada saja proyek pembangunan di Kabupatedn Bogor, yang mengalami gagal lelang. Begitu juga 2018 ini, sebanyak sepuluh proyek batal lelang. Jika dijumlahkan, nilai proyeknya menjadi Rp29,5 miliar.

Kepala Unit Layanan Penyedia Barang dan Jasa (ULPBJ) Kabupaten Bogor, Budi Cahyadi Wiryadi mengatakan, dari 10 proyek itu ada lima proyek yang di antaranya pembangunan Sistem Pengelola Air Minum (SPAM) yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

Lima lokasi pembangunan SPAM itu antara lain di Desa Sukamakmur sebesar Rp493 juta, di Desa Sukaharja sebesar Rp497 juta, di Desa Leuwimalang sebesar Rp369 juta, Desa Banjarsari sebesar Rp367 juta, dan di Desa Parakan sebesar Rp365 juta.

Banyak Proyek Gagal Lelang, Dewan : Perencanaan Pemkot Bogor Lemah

Proyek lainnya, belanja modal jasa konstruksi gedung padepokan judo Dispora sebesar Rp9,3 miliar, belanja jasa konstruksi Aplikasi Terpadu Informasi Sampah (ATIS) DLH sebesar Rp150 juta, belanja bantuan benih budidaya padi hibrida Distanhorbun sebesar Rp232 juta, belanja Pakaian Kerja Lapangan Satpol PP sebesar Rp17,4 miliar, serta belanja modal pengadaan almari di DPUPR sebesar Rp285 juta.

Pria yang akrab disebut Budi CW ini membeberkan bahwa batalnya sejumlah proyek di kantornya karena telat memasukkan berkas. Tak jarang paket proyek yang bakal dilelang baru diajukan pada penghujung tahun.

“Khususnya penanganan SPAM di PUPR itu perlu dipercepat lagi memasukan berkas ke kita. Karena hampir seluruhnya belakangan masuknya,” jelasnya kepada Radar Bogor, akhir pekan lalu.(fik/c)