25 radar bogor

BAB dan Buang Sampah Semabarangan, Naturalisasi Sungai Ciliwung Terhambat

BOGOR–RADAR BOGOR,Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, terus berupaya menaturalisasi Sungai Ciliwung. Beberapa kali Wali Kota Bogor, Bima Arya, melakukan rapat dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk mewu­judkannya.

Namun, masih ada masalah yang sejak puluhan tahun hingga saat ini belum menemukan solusinya. Perilaku Buang Air Besar (BAB) di sungai maupun pembuangan limbah manusia yang secara langsung ke sungai dari kamar mandi milik warga.

Ciliwung Tercemar, Banyak Sampah Membusuk di Belakang Istana

Kelurahan Babakan Pasar, menjadi daerah terpanjang yang dialiri Sungai Ciliwung di Kota Bogor. Dari 10 RW, lima di antaranya berhadapan langsung dengan sungai yang mengalir ke DKI Jakarta.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor mencatat, pada 2017 dari 4.023 rumah hanya 2.011 rumah yang memiliki jamban. Artinya, baru sekitar 50 persen warga Babakan Pasar yang memiliki jamban di rumah.

Namun, hanya 450 rumah yang memiliki jamban dengan memenuhi syarat atau hanya sekitar 22,38 persen.

Kasi Kese­hatan Lingkungan (Kesling) pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Farida mengatakan, Babakan Pasar memang terke­nal dengan kepadatan pendu­duknya.

Kondisi Sungai Ciliwung Mengkhawatirkan, 5.652 Rumah Buang Sampah

Dinas Kesehatan, kata dia, sudah menyiapkan beberapa program untuk membantu masyarakat memiliki jamban. Terutama, dalam hal keuangan.

Salah satu caranya dengan kredit mikro sanitasi.

“Ada salah satu bank dan koperasi mem­bangun kamar mandi, jamban atau air, mereka punya sistem kredit tanpa agunan,” katanya.(gal/c)