25 radar bogor

Truk Molen Bermuatan Adukan Semen Dibawa Orang Gila, Begini Deh Jadinya

Truk molen bermuatan adukan semen yang masuk ke parit Tokaya Jalan Purnama II Kecamatan Pontianak Selatan.

PONTIANAK-RADAR BOGOR, Truk molen bermuatan adukan semen yang biasanya disopiri Thalib dilarikan orang tak dikenal, yang belakangan diketahui mengalami gangguan jiwa.

Dibawa kabur orang tidak waras,  truk molen itu masuk parit Tokaya, Jalan Purnama II Kecamatan Pontianak Selatan, Rabu (5/12) sekira pukul 11.15 WIB.

Kronologi kejadian, awalnya sekitar pukul 11.00 WIB Thalib memarkirkan truk molen dalam kondisi mesin masih menyala, di suatu proyek pembangunan jalan tak jauh dari lokasi kejadian. Tepatnya di depan Gang Warga Jalan Purnama II.

Menunggu pikap menyalin adukan semen, ia minum bersama rekannya di lokasi tak jauh dari truk molen di parkir. Sampai pengawas memerintahkanya untuk masuk menghamparkan semen yang dibawanya.

“Tiba-tiba saja setelahnya ada orang yang tidak dikenal masuk dalam mobil. Saya pun terkejut dan sempat melakukan pengejaran kepada pelaku,” kata Thalib.

Dia melakukan pengejaran dengan meminta bantuan warga untuk memboncengnya menggunakan sepeda motor. Ia akhirnya berhasil menyusul truk tersebut. “Pelaku sempat mencabut kunci, dan membanting setir ke pinggir jalan, lalu keluar dari mobil,” ucap Thalib.

Walau berhasil diamankan, tak lama truk milik PT Citra Mndiri Rekayasa itu amblas dan masuk ke parit Tokaya.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Kota Baru Polsek Pontianak Selatan Aipda Erwansyah menerangkan, kejadian truk molen nyungsep tersebut terjadi sekira pukul 11.15 WIB. “Informasi itu kita dapatkan dari masyarakat,” ucapnya kepada Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group).

Berangkat dari informasi tersebut dirinya langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP). Saat itu pelaku masih terjebak di dalam truk molen. Bersama warga, polisi mengeluarkan pelaku. “Selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara, guna mendapatkan pertolongan,” jelasnya.

Menurut informasi warga yang diterimanya, tanpa sepengetahuan supir truk molen tersebut dilarikan orang yang memiliki gangguan jiwa.

Disaat sang sopir sedang beristrahat makan dan mesin truk dalam keadaan menyala. Truk sempat dibawa pelaku hingga persimpangan Jalan Harapan Jaya, sebelum akhirnya ditemukan masuk parit.

Hingga kemarin pihak kepolisian belum mendapatkan identitas. Pelaku saat itu masih mendapatkan perawatan di rumah sakit. Berdasarkan keterangan warga, pelaku dua hari lalu sudah sering berkeliaran di Jalan Purnama II.

“Menurut keterangan warga sebelum melarikan mobil ini, infonya malam sebelumnya dia (pelaku) juga merusak salah satu Surau di Jalan Purnama 1,” tutup Erwansyah.

Senada, Kasat Lantas Polresta Pontianak Kompol Syarifah Salbiah mengatakan, pihaknya belum mendapatkan identitas pelaku. Pasalnya, pelaku belum bisa diajak berbicara. “Tidak ada luka apapun yang dialami pelaku akibat kejadian tersebut,” jelas Salbiah. (and)