25 radar bogor

Dicurhati Perajin Peci, Eddy Soeparno Komitmen Beri Bimbingan Manajemen ke UMKM

Sekjen DPP PAN, Eddy Soeparno (biru kanan) mendengarkan keluhan warga mengenai UMKM di masyarakat.
Sekjen DPP PAN, Eddy Soeparno (biru kanan) mendengarkan keluhan warga mengenai UMKM di masyarakat.

CIANJUR-RADAR BOGOR, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, Eddy Soeparno kembali mendapati keluhan dari pegiat industri rumahan atau UMKM. Salah satunya, Perajin peci desa Cikahuripan, Muhammad Jamaluddin dari Cianjur.

“Ditempat kami rata-rata perajin peci pak, masih banyak yang perlu bantuan agar bisa berkembang,” ungkap Jamaluddin kepada Eddy Soeparno, Jum’at (30/11/2018).

Pria berumur 48 tahun tersebut berharap Eddy Soeparno dapat memberikan bimbingan kepada para perajin peci yang berada di desa Cikahuripan. Menurutnya, para perajin peci belum sangat menguasai strategi berbisnis dan pasar sehingga saat ini belum menunjukkan perubahan yang signifikan.

“Para perajin membutuhkan bimbingan dan petunjuk dari pak Eddy Soeparno agar dapat berkembang,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, Jamaluddin menjelaskan hanya segelintir perajin peci saja yang berkembang saat ini. Sebagian besar lainnya masih berjalan di tempat, walaupun ada pemesanan berjumlah besar pembayaran pun tidak langsung dilunasi namun dicicil.

“Jika kita memiliki pasar dan modal yang besar tentu saja biaya itu bisa ditutupi dulu tapi kebanyakan dari kami hanya masyarakat kecil,” tutupnya.

Berdasarkan hal tersebut, politisi PAN Eddy Soeparno Eddy berkomitmen akan memperjuangkan aspirasi para pelaku UMKM jika diberikan amanah dan kepercayaan menjadi sebagai anggota DPR RI. Sebagai solusi, Eddy memberikan bimbingan secara berkelanjutan agar dapat memberikan dampak yang signifikan di sektor UMKM masyarakat.

“Saya tidak bisa menjanjikan secara instan namun secara jangka panjang saya sudah memiliki rancangan pembinaan UMKM kita agar kedepannya dapat berkembang dan menyejahterakan masyarakat,” tutur Kang Eddy.

Kang Eddy juga telah memilki rencana untuk meninjau langsung desa perajin peci di Cikahuripan agar dapat melihat langsung kondisi di wilayah tersebut. Dengan begitu, ia mengatakan, jika ada sesuatu yang dapat langsung dibantu kepada perajin peci maka akan disegerakan.

“Nanti saya berkunjung disana, jika ada yang langsung bisa saya tolong akan langsung saya berikan sesuai dengan kemampuan yang saya miliki,” pungkasnya. (ysp)