25 radar bogor

Paling Dekat Gunung Salak, Kecamatan Pamijahan Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana

Gunung Salak
Gunung Salak

BOGOR-RADAR BOGOR, Kondisi Gunung Salak saat ini memang belum menunjukan tanda-tanda akan erupsi. Namun, masyarakat tetap diminta waspada.

Terutama warga yang diprediksi paling terdampak jika nanti gunung yang berada di Kabupaten Bogor dan Sukabumi itu erupsi. Salah satunya daerah Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Sekretaris Camat Pamijahan, Dedi Supriadi mengakui jika wilayah Pamijahan memang yang paling potensial terhadap persebaran efek erupsi, bila sewaktu-waktu Gunung Salak bangun dari tidurnya.

Selama ini, kata dia, pemerintah kecamatan yang berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait kebencanaan sudah melakukan berbagai kegiatan sosialisasi kesiapsiagaan bencana. Termasuk memfasilitasi dampak pasca-bencana dengan keuangan desa.

“Kalau ditanya fungsi realnya, saya rasa memang ada instansi yang paling berwenang untuk masalah ini. Kami di kecamatan sifatnya hanya memfasilitasi. Yang saya tahu selama ini sering sosialisasi kebencanaan kepada masyarakat. Bahkan lokasi kegiatannya di sisi Gunung Salak,” kata Dedi kepada Radar Bogor.

Hanya saja, untuk hal-hal yang sifatnya sosialisasi secara verbal, itu memang masih belum dilakukan secara masif. Perlu ada sumber daya manusia ahli yang bisa menjelaskan peta Gunung Salak, sekaligus kawasan-kawasan rawan bencana kepada masyarakat Pamijahan.

“Kalau pun ada sosialisasi, kita di kecamatan juga belum tentu orang yang paham tentang gunung api. Harus ada pakarnya yang datang dan berbicara. Kami siap-siap saja. Mungkin ke depannya kita akan kerja sama dengan Pusat Vulkanologi untuk membedah kawasan rawan bencana,” jelasnya.(cr3/d)