25 radar bogor

Unik, Ada Nangka Berbuah Pisang di Cileungsi. Hasil Mutasi Gen!

Buah nangka telanjang berbuah pisang yang tumbuh di Taman Buah Mekarsari, Cileungsi.

CILEUNGSI-RADAR BOGOR, Buah unik kembali dipublikasi Taman Buah Mekarsari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Buah tersebut bernama nangka telanjang, atau dijuluki Nangka berbuah Pisang.

Supervisor Pengembangan Hasil Penelitian dan Landscape Gardener Taman Buah Mekarsari (TBM), Junaedi menjelaskan, buah ini salah satu yang unik dan langka. Memiliki nama latin artocarpus helerophyllus, nangka telanjang merupakan hasil mutasi gen secara alami.

Buah nangka ini pada awalnya tumbuh normal seperti nangka pada umumnya. Lalu pada usia dua bulan saat kulit mulai merekah muncul bentuk menyerupai buah pisang. “Nanti  makin lama makin membesar dan banyak, dengan bentuk yang tidak beraturan,” katannya, Rabu (21/11) kemarin.

Lanjut Junaedi menjelaskan, pertumbuhan tanaman ini cepat seperti nangka pada umumnya. Buah kuning ini mampu tumbuh hingga mencapai tinggi tanaman 8 hingga 10 meter. Tanamannya dapat beradaptasi dengan baik pada ketinggian hingga 800 mdpl.

Daging buah dari nangka telanjang ini yang telah masak dapat langsung dimakan. Caranya mudah cukup hanya dengan mencabut daging buah tanpa perlu mengupas kulitnya.

Rasa buah ini manis dengan tekstur daging buah yang renyah. Untuk memperbanyak tanaman tersebut dengan cara semai biji, cangkok, dan sambung susu.

Tanaman mulai berbuah saat umur enam sampai tujuh tahun. Sedangkan bibit cangkok dan sambung susu mulai berbuah umur tiga sampai empat tahun.

TBM sendiri sengaja membudidayakan tanaman unik ini, dan koleksi pohon dan kebunnya dapat dijumpai di area Laboratorium Biosari, Garden Center, dan di area Blok A serta B. Untuk bibit tanaman sendiri bisa diperoleh di pusat penjualan bibit tanaman TBM, Garden Center. (don/c)