25 radar bogor

RT 03 RW 10 Kelurahan Cilendek Timur Bogor Barat, Dua Lubang Biopori Tiap Rumah

BOGOR-RADAR BOGOR,Menjaga kebersihan tentu saja harus dilakukan karena kesadaran masing-masing. Namun jika dilakuan bersama-sama dalam menjaga lingkungan, pasti akan terasa lebih ringan.

“Untuk itu, di sini dirutinkan kerja bakti lingkungan,” jelas Ketua RT 03 RW 10 Cilendek Timur, Bogor Barat, Ahmadi Jaya.

Ahmadi menjelaskan, rutin kerja bakti. “Jika memang halaman ada yang harus dibersihkan, pasti langsung melakukan kerja bakti. Namun rutinnya pada hari libur,” ucapnya.

Ia menambahkan, di wilayahnya pun menerapkan lubang biopori pada setiap rumah.

“Minimal dua lubang untuk satu rumah. Namun jika rumah tersebut terbatas halamannya, tidak akan terdapat lubang biopori,” ujarnya.

Warga sangat kompak untuk menjaga lingkungan, lanjut dia, mereka semakin sadar dalam menerapkan kebersihan paling tidak halaman sendiri dulu harus dibersihkan. KWT di sini pun aktif, terbukti walau di tengah kota, namun lingkungan ini masih bersih dan asri.

“Pepohonan dan tanaman masih tumbuh subur. Bahkan ada tanaman padi di sini. Kadang dijadikan tempat edukasi untuk anak-anak sekolah, agar mereka tahu asal muasal nasi yang mereka makan. Juga ada dempond budi daya ikan konsumsi (yumina bumina), karena makan ikan dan sayur sangat penting untuk tubuh,” tukasnya.

(cr4/c)