25 radar bogor

RT 04 RW 09 Kelurahan Babakan Pasar Bogor Tengah, Hilangkan Kesan Kumuh

BOGOR-RADAR BOGOR,Tinggal di tepian sungai tak jauh dari permasalahan sampah. Umumnya sampah yang dibuang ke sungai. Namun kebiasaan itu tak berlaku di RT 04/09 Kelurahan Babakan Pasar Kecamatan Bogor Tengah. Kebersihan dan keindahan yang tampak.

Bahkan tembok-tembok dihiasi dengan gambar serta warna yang menarik.

Ketua RT 04/09 Dida Jubaedah mengatakan, kebersihan itu terwujud atas kerja sama dan kesadaran masyarakat di lingkungannya. Apalagi ditunjang dengan beberapa program yang dilakukan. Salah satunya satu rumah satu tempat sampah.

“Dengan program tersebut warga sudah mengerti dan paham bahwa lingkungan tak lagi kotor dan tak lagi membuang sampah ke kali, dampaknya lingkungan menjadi lebih baik lagi,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Ada beberapa program lain yang akan dijalankannya. Rencana warga akan membangun destinasi air untuk anak-anak maupun dewasa. Seperti ayunan air serta yang lainnya. Selain itu ada pula wacana membangun warung murah. Dengan merogoh kocek Rp3 ribu bisa membeli nasi beserta lauk pauknya.

“Jadi nanti hasil keuntungannya bisa digunakan lagi untuk kepentingan warga,” tutur Dida.

Menjadi juara keempat pada gelaran Bogorku Bersih 2017 membuatnya melakukan evaluasi terhadap penataan lingkungannya. Salah satunya kini telah direalisasikan lubang biopori serta pemanfaatan tanaman dengan hidroponik. Meski begitu masih ada permasalahan yang belum selesai. Yakni pembuangan sanitasi yang memang permasalahan di Kelurahan Babakan Pasar.

“Kita penginnya terus semangat, mudah-mudahan tahun ini bisa menjadi juara,” pungkasnya.

(gal/c)