25 radar bogor

Mahasiswa IPB Buat Komik Online “Jangan Jajan”, Kurangi Mitos Negatif Tentang Pangan

BOGOR-RADAR BOGOR,Untuk mengedukasi masyarakat, terutama kalangan anak-anak agar berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan jajanan, mahasiswa dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) Institut Pertanian Bogor (IPB) membuat komik online “Jangan Jajan”.

Komik edukasi ini digarap oleh sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam tim Foody project.

Tim ini terdiri dari Ditta Hakha sebagai penulis, Tashia Agustin dan Romadhan Guntur sebagai tim marketing, Ayeesha Alektra sebagai infografis, Haidir Tamimi sebagai pencari jurnal dan Alifa Sekarputri sebagai komikus.

Saat ini komik yang dibuat sudah mencapai sepuluh komik. Ada tiga tokoh yang berperan dalam komik ini yaitu Emir, Misselium dan Ipang. Karakter tiap tokoh berbeda-beda sesuai higiene dan kecerdasan.

“Selain komik online, “Jangan Jajan” juga pernah diikutkan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), seminar dan simposium Tri-U ke-25, kerjasama dengan Prof. Dr. Dedi Fardiaz (Dosen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB) dalam kegiatan Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi XI dan desain kemasan susu. Kami juga ditawari penerbit dan sekarang dalam proses pembuatan buku komik. Kalau secara marketing, kami baru menawarkan komik ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” papar Tasshia.

Walaupun ada beberapa hambatan seperti keterbatasan jumlah komikus, manajemen waktu dan belum sesuai target, mereka berharap “Jangan Jajan” dapat menjadi solusi untuk meningkatkan keamanan pangan Indonesia dan dapat bermanfaat bagi pembaca. (Ghinaa/Zul)

Kata kunci : Mahasiswa IPB Buat Komik Online “Jangan Jajan, Prof. Dr. Dedi Fardiaz (Dosen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB), ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)