25 radar bogor

RT 02 RW 13 Griya Melati Kelurahan Bubulak Fokus Tangani Sampah

BOGOR-RADAR BOGOR,Sebagai salah satu perumahan yang pernah masuk sepuluh besar Bogorku Bersih tahun lalu, warga RT 02 RW 13 Griya Melati di Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat masih terus kembangkan program kebersihannya. Salah satunya program pemilahan sampah menjadi kompos.

Ketua RT 02, Muchamad Ichsan mengatakan, rumah kompos yang ada di dalam perumahan masih terus eksis dalam mengatasi sampah di lingkungannya. Warga setiap hari, terus diingatkan agar memilah sampahnya dengan baik.

“Biasanya kita tanya petugas bagian kebersihan apakah ada warga yang belum tahu pemilahan sampah, mereka beritahukan dan RT akan menyampaikan. Setelah dipilah, komposnya akan dikembalikan lagi ke masyarakat,” beber Ichsan kemarin.

Kompos tersebut, kata dia, akan berguna juga untuk menanam pohon-pohon buah yang banyak tumbuh di pekarangan warga. Hal itu, masih kata Ichsan sebagai manfaat dalam menjaga keasrian lingkungan.

“Program kebersihan selain untuk lingkungan juga untuk sanitasi. Sebulan sekali kita kumpul bareng untuk keakraban sembari membicarakan program tersebut. Kerja bakti sudah pasti bikin lubang resapan, apalagi di musim hujan ini,” tukasnya.

(dka/c)