25 radar bogor

Pro Rakyat, Eddy Soeparno Komitmen Bangun Kualitas Tenaga Kerja Lokal

Sekretaris Jenderal DPP PAN sekaligus Calon Anggota DPR RI Dapil Jabar III Nomor Urut 1 Eddy Soeparno.

BOGOR-RADAR BOGOR, Maraknya warga negara asing yang bekerja di Indonesia menjadi sorotan Sekretaris Jenderal DPP PAN sekaligus Calon Anggota DPR RI Dapil Jabar III Nomor Urut 1 Eddy Soeparno. Padahal warga lokal yang sulit mendapatkan pekerjaan.

Hal ini lah yang mendorong, Eddy untuk memberikan pelatihan kepada tenaga kerja lokal untuk meningkatkan kualitas agar tidak kalah bersaing dengan warga negara asing.

“Kedepan kita harus fokus meningkatkan kemampuan tenaga kerja lokal kita, agar nanti kita yang mengirimkan mereka sebagai tenaga ahli ke negara-negara lain,” tutur Sekjen PAN, Eddy Soeparno, Senin (12/11/2018).

Lebih lanjut, Eddy menegaskan tidak akan mengesampingkan nasib tenaga kerja lokal jika terpilih mewakili rakyat Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur di DPR RI.

“Saya berkomitmen jika diberikan kepercayaan dan amanah oleh masyarakat akan memperjuangkan nasib tenaga kerja lokal kita agar terserap dengan baik,” tegas Eddy Soeparno.

Eddy meminta pelaku industri untuk memprioritaskan pekerja lokal untuk sumber daya manusia. Jika sekiranya tidak bisa dilakukan oleh tenaga lokal barulah menggunakan jasa pekerja asing.

“Kita akan memprioritaskan warga daerah kita sendiri untuk mengerjakan pekerjaan dalam negeri jika tidak bisa dilakukan oleh tenaga lokal baru kita menggunakan tenaga asing,” tuturnya

Tidak hanya itu, jika terpilih menjadi wakil rakyat dirinya akan membatasi keberadaan para pekerja-pekerja asing di Indonesia. Eddy mengatakan para pekerja asing harus memberikan kehalian, wawasan lebih kepada tenaga kerja lokal Indonesia.

“Mereka akan dibatasi keberadaanya di Indonesia, dan harus ada transfer teknologi agar bisa memberikan wawasan lebih kepada masyarakat kita, agar kedepannya lebih banyak warga yang bisa mengerjakan pekerjaan tersebut,” tutup Calon Anggota DPR RI Dapil Jabar III Nomor Urut 1 dari PAN Eddy Soeparno.

Sebelumnya, seorang warga Kota Bogor bernama Neneng (41) menyampaikan aspirasinya kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) sekaligus Calon Anggota DPR RI Dapil Jabar III Nomor Urut 1 dari PAN, Eddy Soeparno.

Wanita berumur 41 tersebut berpesan kepada Eddy Soeparno jika menjadi Anggota DPR RI mewakili rakyat Bogor nanti agar tidak banyak memberikan lapangan kerja kepada pekerja asing. Kekhawatirannya muncul ketika dirinya menyaksikan dalam pengerjaan bangunan banyak TKA yang dipekerjakan sementara itu masih banyak warga lokal yang menganggur.

“Lapangan kerjanya jangan buat asing ya pak, masak kuli bangunan yang ngerjain TKA sedangkan tenaga kerja lokal menganggur kan tidak adil pak,” pungkasnya. (ysp)