25 radar bogor

Mahasiswa IPB Sabet Juara I Kompetisi Teknologi Informasi 

Adi Rizka, Kevin Joshua dan Saeful Ramadhan mendapatkan Juara I pada Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi (Gemastik) 2018 di bidang data mining. Gemastik 2018 digelar di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya (3/11).

BOGOR-RADAR BOGOR, Tim Institut Pertanian Bogor (IPB) dari Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang beranggotakan Adi Rizka, Kevin Joshua dan Saeful Ramadhan mendapatkan Juara I pada Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi (Gemastik) 2018 di bidang data mining.

Gemastik 2018 digelar di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya (3/11).

Bidang data mining adalah mencari set data yang berguna untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya untuk diolah dan dibuat model.

Tim IPB ini berhasil mengalahkan 139 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Mereka mengajukan makalah mengenai prediksi kecepatan angin di Kabupaten Bogor melalui set data yang didapatkan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sekitar bulan Agustus-September. Tujuannya adalah memberi himbauan kepada masyarakat Kabupaten Bogor akan bencana angin kencang.

Selama enam jam mereka harus mengolah set data yang diberikan juri sekreatif mungkin untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya.

“Apa yang kita dapatkan ini di luar dugaan, karena saat grand final, tiga jam pertama kami struggling banget untuk mengolah data. Set data yang dikasih sangat sulit dan “kotor” sehingga harus melakukan cleaningbesar-besaran,” tegas Kevin.

Menurutnya, berkat pelatihan dan persiapan yang cukup matang, Tim IPB dapat lolos ke babak lima besar untuk mempresentasikan hasil data olahan saat grand final.

“Berkat tim yang kompak, pembagian tugas yang tepat sesuai kemampuan masing-masing, serta kekuatan doa, tim kami mendapatkan juara. Pencapaian ini tidak lepas dari dukungan Departemen Ilmu Komputer dan pelatihan dari Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB,” pungkas Adi. (IRA/Zul)