25 radar bogor

Disuguhi Nasi dengan Sayur Nangka, Puluhan Warga Cigudeg Keracunan

KERACUNAN:

CIGUDEG-RADAR BOGOR, Puluhan warga Kampung Cicopong, Desa Cigudeg, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, mengalami keracunan massal usai makan nasi saat menghadiri acara kemasyarakatan di kampungnya, Minggu (11/11/2018) malam.

Berdasarkan informasi yang diterima Radar Bogor, setidaknya ada 72 warga yang mengalami mual dan muntah-muntah usai mengunsumsi nasi dengan lauk nangka dan telur dari panitia acara.

Guna menghindari korban jiwa, warga yang mengalami pusing dan mual-mual ini langsung dilarikan ke Puskesmas Cigudeg, yang berjarak sekitar 200 meter dari lokasi.

Namun, akibat banyaknya warga yang keracunan, sebagian dilarikan ke RSUD Leuwiliang. Hingga malam ini, beberapa warga yang keracunan masih mendapatkan perawatan insentif di RSUD dan Puskesmas.

Informasi yang diterima Radar Bogor dari Humas Polres Bogor, keracunan massal ini berawal Pukul 10:00 WIB saat diadakannya acara kemasyarakatan di Kampung Cicopong, Desa Cigudeg, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Acara ini dihadiri kurang lebih 100 orang kebanyakan remeja wanita dan ibu-ibu sekitar.

“Setelah acara selesai peserta disuguhi makanan oleh panitia berupa nasi, sayur nangka bersantan, telur, dan aneka kue tradisional,” ujar Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspitalena dalam keterangan tertulisnya.

Sekira pukul 20.00 WIB, terangnya, banyak peserta acara yang merasa mual-mual dan muntah-muntah, diduga setelah menyantap makanan yang disajikan diacara tersebut.

Sampai Senin (12/11/2018) malam sebanyak 45 Warga dengan keluhan yang sama, warga yang terkena muntaber mendapatkan perawatan di Puskesmas Cigudeg, satu orang pasien atas Nama Melissa (16), warga Kampung Pasirangin, Desa Wargajaya, terpaksa dirujuk ke RSUD Leuwiliang karena mengalami dehidrasi akut.

“Sampai saat ini semua korban masih dalam Perawatan Medis. Diperkirakan jumlah korban akan bertambah karena peserta acara tersebut kurang lebih 100 orang, dan sampai saat ini tidak ada korban jiwa,” tandasnya.(pin)