25 radar bogor

500 Ton Sampah Kotori Kali Baru Bojong Gede, Butuh 100 Truk Angkut Sampahnya

Sebuah alat berat tengah membersihkan sampah di Kali Baru Bojong Gede.

BOJONGGEDE-RADAR BOGOR, Kondisi Kali Baru Bojong Gede makin mengkhawatirkan. Betapa tidak, sekitar 500 ton sampah mencemari kali yang alirannya kini tersendat itu. Untuk membersihkannya, Dinas Lingkunan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor bahkan memerlukan 100 truk sampah.

Ya, DLH Kabupaten Bogor bersama pegawai Kecamatan Bojong Gede, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), dan Balai Pengelola Sumber Daya Air (BKPSDA), Sabtu (10/11/2018) mengadakan kegiatan bebersih Kali Baru. Sedikitnya ada 30 truk yang dikerahkan saat melakukan pengerukan sampah.

Sayangnya, sebanyak 30 truk itu hanya bisa mengangkut 150 ton sampah dari Kali Baru. Sedangkan, menurut Kepala Bidang Pengelolaan Sampah (DLH) Kabupaten Bogor, Atis Tardiana sampah di kali tersebut beratnya mencapai 500 ton.

“Rata-rata satu truk mengangkut 5 ton. Jadi yang berhasil diangkut ada 150 ton. Karena basah jadi berat,” ungkapnya kepada Radar Bogor, kemarin.

Meski membutuhkan armada truk tambahan, sampah di dalam kali tetap diangkut ke darat menggunakan exavator. Terpenting menurutnya sampah rumah tangga itu tidak membuat aliran Kali Baru menjadi tersendat.

Atis mengatakan, kegiatan ini akan tidak ada artinya jika masyarakat abai pada kebersihan. Pasalnya, pengangkutan sampah itu sudah berulang kali dilakukan, tapi selanjutnya tetap dicemari sampah. “Kegiatan ini sudah sering di lakukan oleh DLH, tapi tetap tidak menyelesaikan masalah,” kata Atis.

Ia berharap masyarakat sadar akan lingkungan. Bukan hanya membuat aliran tersendat, sampah yang tertimbun di air kali itu berpotensi menimbulkan penyakit di kemudian hari.

“Harus didukung oleh kepedulian warga sekitar bantaran kali baru, untuk tidak membuang sampah ke kali baru,” tukasnya.(fik/c)