25 radar bogor

RT 06 RW 01 Kelurahan Mulyaharja Kebersihan Lingkungan Mulai Jadi Kebiasaan

BOGOR-RADAR BOGOR,Kesehatan berawal dari pola hidup yang bersih. Lingkungan juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan setiap masyarakat. Penyadaran itu terus dilakukan di RT 06/01 Kelurahan Mulyaharja Kecamatan Bogor Selatan.

Ketua RT 06/01 Arip me­ngatakan, pesan berulang-ulang mengenai kebersihan lingkungan membuat warganya kini memiliki kesadaran. Bahkan tanpa perlu teguran atau suruhan warga telah menjadikannya kebiasaan. Masing-masing halaman rumah juga semakin cantik dengan tanaman-tanaman hias dan tanaman obat keluarga (Toga).

“Alhamdulillah di sini halaman warga asri, jadi setiap halaman warga ada tanaman obat keluarga, karena sebelumnya juga ada lomba lima program dari PKK,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (9/11).

Dia juga tengah mengajak masyarakat untuk bisa memilah sampah. Sampah daur ulang bisa dimanfaatkan atau dijual kembali dan sampah organik dipilah menjadi pupuk. Karena itu setiap sampah yang dihasilkan dari rumah tangga sudah lebih tertata.

“Di sini masalahnya kebersihan sampah, tapi saat ini warga sudah bisa memilah untuk dibawa ke bank sampah, jadi yang residu bisa dibawa ke TPS3R,” terangnya.

Kebersihan yang telah tercipta, kata dia, diharapkan dapat terjaga. Sehingga lingkungannya bisa menjadi percontohan. Baik di tingkat RT, RW, kelurahan, kecamatan hingga Kota Bogor.

“Mudah-mudahan ada tindak lanjut dalam kebersihan tingkat kota,” harapnya.

Sementara itu, Lurah Mulyaharja Sofyan Makmur mengaku bangga kepada warganya. Sebab telah memiliki semangat dan kesadaran kebersihan yang tinggi. Apalagi saat ini setiap halaman rumah dimanfaatkan tanaman hijau.

“Meski sedikit halaman rumahnya tapi harus dimanfaatkan untuk penghijauan,” pungkasnya.

(gal/c)