25 radar bogor

Propelan Open 2018, IPB Komitmen Dorong Mahasiswanya Berprestasi

Pemenang Propelan Open 2018 IPB foto bersama.

BOGOR-RADAR BOGOR, Komunitas Prestasi Propelan bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (BEM KM IPB) sukses mengadakan Propelan Open 2018 pada 2-4 November lalu.

Propelan Open merupakan kompetisi mahasiswa tingkat nasional yang terdiri dari tiga cabang lomba bergengsi yaitu lomba karya tulis ilmiah, lomba debat mahasiswa, dan lomba business plan.

Kegiatan ini sangat diminati mahasiswa se-nusantara asal Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Sejak awal pembukaan portal pendaftaran, banyak sekali mahasiswa yang berminat mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan yang bertema “Millennials for SDGs” ini diikuti sekitar 170 mahasiswa dan bertujuanmendorong terwujudnya pembangunan berkelanjutan.

“Propelan sebagai komunitas prestasi menekankan bahwa prestasi adalah hak segala bangsa. Propelan akan mendorong dan memotivasi mahasiswa untuk berprestasi. Adanya Propelan Open 2018 menjadi wadah bagi mahasiswa di Indonesia untuk mengaktualisasikan ide, karya, dan inovasi mereka dalam sebuah kompetisi yang mempertemukan finalis dengan karya terbaik yang berhasil lolos seleksi,” papar Inisiator Propelan, Apip Nurdin.

Propelan Open dibuka langsung oleh Dr Ujang Suwarna, Kepala Sub Direktorat Pengembangan Prestasi dan Reputasi, Direktorat Kemahasiswaan IPB Di Kampus IPB Dramaga, Jum’at (2/11) di Kampus IPB Dramaga.

“IPB banyak menjadi tuan rumah pengembangan prestasi, dua tahun lalu menjadi tuan rumah dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional. Pada tahun 2018 ini menjadi tuan rumah kompetisi kewirausahaan mahasiswa Indonesia, serta juga menjadi tuan rumah pada kompetisi besar dengan tiga cabang lomba yaitu Propelan Open 2018. Ini sebagai bentuk kontribusi dan komitmen IPB untuk terus mempertahankan posisi sebagai peringkat 2  Kinerja Kemahasiswaan Tingkat Nasional,” papar Dr. Ujang.

“Karya-karya dan gagasan dari para finalis Propelan Open ini diharapkan mampu menjadi solusi bagi permasalahan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Harapannya kegiatan Propelan Open di IPB sebagai bentuk komitmen Propelan IPB dalam mewadahi gagasan kreatif mahasiswa Indonesia,” papar Widya, Ketua Pelaksana Propelan Open 2018. (HA/ris)