25 radar bogor

Pelebaran Jembatan Otista Jadi Prioritas, Tapi Belum Jelas Kelanjutannya

Jalan Otista
Suasana kendaraan yang melintas di Jembatan Jalan Otista. Nelvi/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Penataan jalan Jalan Otto Iskandardinata (Otista) berupa pelebaran jembatan hingga kini belum jelas kelanjutannya.

Padahal, kawasan yang dianggap sebagai gerbang pembuka menuju dalam kota itu, merupakan salah satu prioritas Pemkot Bogor.

“Sebenarnya Otista ini sudah bagus. Tinggal urusan kita pelebaran jembatan, konon katanya tahun 2019 sudah dianggarkan untuk melebarkan sisi kiri kalau dari arah Tugu Kujang. Ada beberapa rumah yang juga dibebaskan. Kalau itu sudah ada, berarti tinggal mencari anggaran sebesar Rp38 miliar saja untuk pelebaran itu,” kata Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman.

Ia mengakui, peningkatan pedestrian di Jalan Otista kini belum dikerjakan sebab butuh banyak perbaikan. Salah satunya, kawasan tempat parkir elektronik (TPE) yang akan berkurang jumlah luasannya.

“Memang harus ada perbaikan. Apalagi tidak semua toko – toko yang ada di situ memiliki tempat untuk ruang parkir. Bangunannya lansung ke badan jalan. Beberapa pedagang yang ada juga harus di relokasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika melihat kondisi di lapangan masih ada beberapa pedagang beroperasi di trotoar. Bongkar muat beberapa toko juga masih dilakukan di kawasan tersebut.

Seperti diketahui, peningkatan pedestrian Otista memiliki waktu yang sama dengan pedestrian di Jalan Sudirman. Hanya saja, pekerjaan pedestrian Sudirman sudah dimulai sejak hampir dua pekan lalu. Batas akhir pekerjaan keduanya akan habis pada 25 Desember mendatang. (dka/c)