25 radar bogor

Sinyal Kotak Hitam Lion Air Terdeteksi, Berjarak 400 Meter dari Titik Hilang Pesawat

Petugas gabungan tengah mencari korban pesawat Lion Air.

KARAWANG-RADAR BOGOR, Keberadaan black box Pesawat Lion Air JT 610 mulai diketahui. Itu setelah Tim SAR gabungan berhasil mendeteksi sinyal kotak hitam tersebut. Lokai sinyal berada di kedalaman 32 meter dari permukaan laut dan berjarak 400 meter dari titik hilang.

“Arahnya barat laut. Jaranya 400 meter dari koordinat. Di sana juga ditemukan serpihan-serpihan di dasar,” ujar Kepala Basarnas Marsekal Madya Muhammad Syaugi saat konferensi pers di Dermaga JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (31/10/2018).

Syaugi menambahkan, lokasi sinyal kotak hitam Lion Air JT 610 berada di lintasan pipa Pertamina. Tim gabungan segera melakukan koordinasi dengan Pertamina untuk menurunkan jangkar.

Selain black box, diduga bangkai pesawat Lion Air JT 610 juga berada di lokasi tersebut. Dengan demikian, Syaugi memastikan area pencarian tidak diperluas lagi.

Diakui Syaugi, kendala utama penyelaman hingga saat ini adalah arus bawah laut yang kencang. Hal ini juga menyulitkan penggunaan robot ROV.

“(Proses evakuasi) 24 jam. Selama arus di bawah air memungkinkan kita untuk menyelam. Tidak perlu perluasan area,” jelasnya. (ysp)