25 radar bogor

Angkot Modern Mulai Mengaspal di Jalanan Kota Bogor, Ada WiFi sampai CCTV

Angkot modern yang beroperasi di Kota Bogor.
Angkot modern sudah mulai beroperasi di Kota Bogor, Senin (29/10/2018)

BOGOR-RADAR BOGOR,Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya angkot modern mulai mengaspal di Kota Bogor. Transportasi publik tersebut memiliki sejumlah kelebihan.

Angkot modern, mulai kemarin akan melewati jalur TPK 4 melintasi Ciawi, Baranangsiang, Otista, BTM, Sem­pur, Pajajaran, Warung Jambu, Pomad hingga Ciparigi. TPK 4, meru­pakan merger dari trayek 09 sepertiga dari trayek 21, trayek 03, trayek 02, dan trayek 07.

“Untuk sementara, ada 11 unit TPK 4 yang sudah beroperasi,” ung­kap Kabid Angkutan pada Dinas Perhu­bungan (Dishub) Kota Bogor, Jimmy Hutapea.

CCTV Terpasang di Angkot Modern,Penumpang Terhindar dari Pelecehan Seksual dan Copet

Menurut dia, selama beberapa minggu ke depan pihaknya fokus dalam melakukan pengawasan dan pengendalian atas beroperasinya angkot modern di lapangan. Sebab, kata dia, TPK 4 masih bersinggungan dengan angkutan konvensional lainnya.

“Dishub lebih kepada pengaturan dan pengawasan kendaraan agar berjalan sesuai trayek. Kami lakukan pengawasan dengan menempatkan petugas di enam titik, mulai dari Pomad, Jalan Baru, Warung Jambu, Tugu Kujang, Sukasari, dan Ciawi,” katanya.

Dalam operasional hari perta­ma­nya, angkutan modern TPK 4 berjalan dengan lancar. Jimmy ber­ha­rap, langkah ini bisa diikuti badan usaha lainnya untuk menjadi bagian dalam penataan transportasi di Kota Hujan.

Wali Kota Bogor, Bima Arya pun langsung menjajalnya sebagai penumpang.

“Sebe­tulnya kemarin sudah mulai jalan, tapi informal. Sekarang sudah resmi, mudah-mudahan lancar,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Meski sebagian penumpang sudah mengetahui angkutan konversi ini, kata Bima, sosiali­sasi masih perlu dilakukan lebih masif. Bukan hanya fasilitas angkot saja yang diuta­ma­kan, tetapi perilaku tertib berkendaranya juga tak kalah penting.

Beragam fasilitas di dalamnya seperti AC, TV, Wifi, CCTV, dan tempat untuk men-charger gawai bisa memanjakan penum­pang. Selain itu, pemba­yaran ke depan menggunakan transaksi non-tunai. (gal/)