25 radar bogor

Pemkab Bogor Dapat Dana Hibah Rp13,2 Miliar dari Pemprov DKI Jakarta

Ilustrasi utang Indonesia
Ilustrasi utang Indonesia

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten Bogor mendapatkan dana hibah atau dana kemitraan Rp13,2 miliar dari Pemrpov DKI Jakarta. Anggaran teresebut akan dikucurkan untuk enam program di Kabupaten Bogor.

Enam program yang direkomendasikan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Bogor antara lain meliputi bidang kesehatan, hingga bidang kebersihan dan lingkungan hidup.

“Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ada empat kegiatan seperti penanganan sampah di Sungai Ciliwung, hingga pengadaan kendaraan pengangkut sampah,” ujar Ketua TAPD Kabupaten Bogor, Adang Suptandar kepada Radar Bogor, Kamis (25/10/2018).

Program lainnya, berupa pembangunan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) dan fasilitas pendukung operasional Rumah Pemotongan Hewan Ruminansia (RPH-R) Cibinong. “Kalau itu di Dinas Perikanan dan Peternakan. Satu lagi pengadaan alat kedokeran di RSUD Ciawi,” bebernya.

Beberapa program ini menurutnya sudah masuk dalam APBD DKI Jakarta 2018. Kemudian dimuat dalam Keputusan Gubernur DKI Nomor 196 Tahun 2018 Tentang Pemberian Hibah, Bantuan Sosial, Bantuan Keuangan, dalam Bentuk Uang Kepada Individu, Keluarga, Masyarakat, Kelompok Masyarakat, Organisasi Kemasyarakatan, Pemerintah Daerah Lain Serta Partai Politik.

Letak Kabupaten Bogor yang berdekatan dengan DKI Jakarta ini menjadi asal usulnya dana kemintraan yang kini sudah masuk dalam APBD Kabupaten Bogor 2018. Program yang diajukan harus bermanfaat bagi Jakarta dan mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta.(fik/c)