25 radar bogor

Terlilit Hutang, 11 Rumah Warga di Desa Tajur Halang Disita. Korban Rentenir!

Ilustrasi Sita Rumah.

TAJURHALANG-RADAR BOGOR, Sebanyak 11 rumah warga di Desa Tajur Halang Kabupaten Bogor disita lantaran pemiliknya dililit hutang.

Hal itu dibenarkan Pemerintah Desa Tajur Halang. 11 rumah tersebut telah beralih kepemilikan lantaran penghuninya tidak bijak dalam mengelola uang.

Sekretaris Desa (Sekdes) Tajur Halang, Haris mengatakan bahwa hitungan tersebut merupakan akumulasi dari beberapa tahun terakhir. Penyebabnya pun bukan hanya dijual lantaran membayar hutang, melainkan ada beberapa di antaranya yang lantas disita.

“Lebih banyak yang rumahnya dijual karena untuk membayar hutang. Kemudian dianya ngontrak,” ungkapnya kepada Radar Bogor, kemarin.

Untuk itu, kemarin Pemerintah Desa Tajur Halang memberikan bantuan modal terhadap para pedagang kecil di wilayah Desa Tajur Halang. Bantuan tersebut diyakini akan meminimalisir adanya pinjaman warga kepada rentenir.

“Bantuan modal biar tidak lagi minjam ke bank keliling. Ada 65 pedagang kecil yang diberikan modal,” kata Haris.

Sementara itu, Ketua Markas Pajuang Bogor (MPB) Atiek Yulis Setyowati mengaku prihatin atas kondisi yang terjadi di Desa Tajur Halang.

Mengenai masayarakat yang menjual rumahnya demi membayar hutang masih bisa dimaklumi. Tapi, mengenai adanya perampasan berupa menyita rumah lantaran tak sanggup membayar hutang, hal itu tergolong kriminalitas.

Ia meminta aparat penegak hukum tidak tinggal diam atas adanya tindakan yang dianggapnya sebagai kesewenang-wenangan.

“Sampai sekarang masih merajalela rentenir di sekitar Desa Tajur Halang. Tadi saya minta Binmas dan Babinsa segera turun tangan,” ucapnya yang turut hadir dalam pembagian bantuan modal.(fik/c)