25 radar bogor

SDN Bantarjati 6 Penghargaan Jadi Stimulan

BOGOR–RADAR BOGOR,Anak usia dini memerlukan bimbingan. Motivasi juga menjadi suntikan. Seperti perlombaan. Anak-anak akan penuh semangat melakukan. Itulah yang dilakukan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bantarjati 6 dalam menanamkan pembiasaan.

Guru SDN Bantarjati 6 Ami Siti Aminah mengatakan, menjadi sekolah Adiwiyata membuat sekolah menanamkan kedisiplinan pada siswa untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Tak jarang pihak sekolah juga mengadakan perlombaan kebersihan dan penataan kelas. Sambil menanamkan pembiasaan, para siswa juga akan bahagia ketika menerima penghargaan.

“Alhamdulillah respons anak-anak cukup semangat dan orang tuanya juga mendukung,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (24/10).

Jika pada umumnya kegiatan bersih-bersih dilakukan pada Jumat, di sekolahnya justru Sabtu. Diawali dengan senam, selanjutnya siswa membersihkan halaman sekolah dari sampah organik dan non-organik. Lalu akan langsung dipilah pada tempat sampah yang disediakan di setiap sudut sekolah dan depan masing-masing kelas.

“Kalau Jumat kita gunakan untuk kultum,” tuturnya.

Sampah plastik menjadi musuh utama. Pihaknya menerapkan program baru yakni membiasakan siswa membawa ompreng makanan dan tempat minum sendiri dari rumah. Dengan begitu penggunaan plastik sebagai wadah jajanan tak lagi digunakan.

Kesehatan juga tak luput dari pantauan pihak sekolah. Selain kebersihan lingkungan, kebersihan tubuh juga diutamakan.

Tak heran, pihak sekolah kerap melakukan inspeksi dadakan (sidak) terhadap kebersihan anak. Mulai dari pemeriksaan kuku, rambut, dan telinga.

“Mungkin sepele tapi itu sangat memengaruhi sekali kesehatan mereka,” pungkasnya.

(gal/c)