25 radar bogor

Mantap! Dua Jenis Kopi Bogor Dapat Penghargaan Internasional

Ilustrasi Kopi

BOGOR-RADAR BOGOR, Dua jenis kopi asal Bogor memenangkan penghargaan AVPA Gourmet Product di pameran SIAL Paris, Perancis, Selasa (23/10/2018). Dua kopi tersebut antara lain Robusta Van Catangmalang Ciragi dengan Robusta Van Catangmalang Winey.

Direktur Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia, Priyono menjelaskan bahwa kopi Robusta Van Catangmalang Ciragi ditemukan pada tahun 2013 silam. Menurutnya, Kopi teresebut ditetapkan sebagai kopi Bogor lantaran ditemukan di kantornya, Jalan Salak, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

“Ciragi itu merupakan fermentasi kopi yang kami temukan di Biotek. Makanya, kami ambil nama ragi. ‘Ci’-nya itu singkatan dari citarasa,” ujarnya kepada Radar Bogor, Kamis (25/10/2018).

Kopi andalannya ini memang sudah beberapa kali mereka ikutkan dalam festival kopi nasional. Hasilnya, selalu memuaskan. Kopi Robusta Van Catangmalang Ciragi kerap disematkan penghargaan atas cita rasanya. “Setiap tahun ikut. Setiap tahun menang, ini di luar yang penghargaan di Paris,” ujarnya.

Sedangkan kopi pemenang penghargaan lainnya, Robusta Van Catangmalang Winey juga berasal dari Bogor. Tapi, kopi ini berasal dari Kabupaten Bogor.

AVPA atau Agency for the Valorization of the Agricultural Products merupakan organisasi Perancis yang bertujuan membantu para produsen produk pertanian dari seluruh dunia untuk memasarkan produk mereka di pasar Eropa. Setiap tahunnya AVPA mengadakan kompetisi “Coffee roasted in their country of origin” untuk membantu pemasaran roasted coffee negara produsen di Eropa.

Tahun ini kompetisi tersebut diikuti lebih dari 170 produsen kopi dari seluruh dunia. Dari 23 kopi Indonesia, sebelas di antaranya memenangkan penghargaan tersebut. Penghargaan Gourmet ini dibagi menjadi empat kategori yakni Gold Gourmet, Silver Gourmet, Bronze Gourmet dan Simple Gourmet.

Presiden juri dan ahli organoleptik AVPA, Andre Rocher mengatakan bahwa dirinya terkejut dengan kualitas kopi Indonesia yang sangat bervariasi. Selain itu menurut juri Serge Edmond, Indonesia termasuk negara memiliki kualitas roasting yang baik.

“Untuk mengembangkan kopi Indonesia di Eropa, produsen dan roastery di Indonesia harus lebih kompak lagi menunjukkan kopi Indonesia di Eropa, sehingga tidak kalah dengan negara-negara Amerika latin dan Amerika Tengah yang selalu kompak bersama,“ kata Indonesian Country Manager AVPA France, Annelis Putri.

Selain Indonesia, yang juga mendapatkan penghargaan terbanyak adalah Kolombia dengan 25 penghargaan dari 14 produsen kopi. Sedangkan, negara lainnya yang ikut dalam kompetisi ini diantaranya Brazil, Kamerun, Kongo, US (Hawaii), Gabon, El Salvador, Honduras, Kenya, Laos, Meksiko, Peru, Puerto Rico, Tanzania, Togo, dan lainnya.(fik/c)