25 radar bogor

Kekurangan Seribu Guru PNS, Hanya Segini Kuota Pengangkatan untuk Kota Bogor

Minimnya Guru PAI
Ilustrasi Guru Agama

BOGOR–RADAR BOGOR, Meski Kota Bogor kekurangan lebih dari 1.000 guru Pegawai Negeri Sipil (PNS), namun kuota pengangkatan yang disediakan pemerintah pusat tahun ini untuk Kota Bogor hanya 135 dan 18 untuk K2.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Fahrudin mengatakan, jika dari aturan yang ada Kota Bogor hanya mendapatkan kuota 135 orang untuk pengangkatan yang sekarang.

“Untuk kategori 2 sesuai aturan yang sekarang diperjuangkan para guru honorer hendaknya direvisi. Supaya mereka yang sudah mengajar puluhan tahun, diangkat menjadi PNS. Ini penting agar mereka bisa bernafas lega dan mendapatkan perhatian kesejahteraan untuk menghidupi keluarganya,” urainya.

Fahmi biasa dirinya disapa mengatakan, dengan kuota yang hanya diberikan 135 tentu tidak mungkin mampu menutupi kebutuhan. Disisi lain, Fahmi menjelaskan, seluruh pihak harus maklum juga dengan kemampuan negara dan peraturan perundangan-undangan yang ada.

“Tapi bagaiman aspirasi ini bisa didengar, toh 1001 jalan menuju roma, untuk jadi PNS, CPNS baru satu jalan, masih ada 1000 jalan lainnya,” katanya.

Jadi ke depannya, sambung Fahmi, berangkat dari kategori 2 yang sudah lebih dulu mengabdi, maka lebih dulu diperhatikan. Dan di Kota Bogor, sudah diperhatikan kategori 2, baru tahun 2017/2018, seluruh kategori 2 mendapatkan honor dari Pemkot Bogor.

“2019, itu minimal honor mereka Rp1,5 juta, tentunya bukan sarjana, ada juga yang lulusan SD, SMP, SMA. Nah berarti yang paling kecil lulusan SD, Rp1,5 juta. Nah guru honorer kategori 2 itu peningkatan kesejahteraannya sudah diperhatikan, mulai dicairkan, langsung kita kalkulasi guru honorer lainnya, karena sama saja mereka sejak tahun 2005 sudah mengajar,” pungkasnya.(wil/c)