25 radar bogor

Piala Asia U-19: Tundukan UEA 1-0, Timnas Indonesia Lolos ke Perempatfinal

Timnas Indonesia U-19
PIALA ASIA U-19: Para pemain Timnas Indonesia U-19, melakukan selebrasi setelah Witan Sulaeman (tengah) mencetak gol ke gawang UEA dalam laga yang berlangsung di SUGBK, Rabu (24/10/2018) malam.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Timnas Indonesia, akhirnya bisa lolos ke babak delapan besar Piala Asia U-19, setelah menang atas Uni Emirat Arab (UEA) 1-0 dalam pertandingan di Stadion Utama Golora Bung Karno (SUGBK), Rabu (24/102018) malam.

Gol semata wayang Timnas U-19 itu diciptakan Witan Sulaeman di menit ke-22. Di babak pertama, UEA mendapatkan kans pertama di menit kelima via tendangan sudut. Namun, sundulan Ali Saleh Amro masih tak mengarah ke gawang.

Di babak pertama, kedua kesebelasan saling melancarkan serangan demi serangan. Nurhidayat melakukan clearance untuk menetralkan peluang UEA via tendangan bebas pada menit kedelapan. Sebelumnya, Firza Andika melakukan pelanggaran di sisi kiri pertahanan.

Kapten Timnas U-19 Indonesia Sudah Lupakan Momen Buruk Lawan Qatar

Serangan balik Indonesia di menit ke-11 gagal. Egy Maulana Vikri ada di posisi offside saat mencoba menyambut bola daerah. Hanis Saghara nyaris saja membawa Indonesia unggul di menit ke-12. Umpan silang Witan Sulaeman dikirim melesat jauh ke atas gawang.

Witan memecah kebuntuan Timnas Indonesia di menit ke-22. Dia merebut bola dari Yousif Ali Almheiri, lalu melakukan solo run. Tendangan Witan ke arah tiang dekat masuk ke dalam gawang UEA.

Hingga peluit akhir babak pertama dibunyikan wasit asal Korea Selatan, tidak ada lagi gol yang tercipta. Di babak pertama Timnas Indonesia, unggul 1-0. Pada babak kedua, Timnas harus bermain dengan sepuluh pemain.

Drama 11 Gol, Timnas Indonesia U-19 Takluk dari Qatar di GBK

Kapten Timnas U-19, Nurhidyat harus diusir wasit keluar. Itu terjadi, setelah Nurhiayat mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-52. Dia melanggar salah satu pemain UEA, hingga mendapatkan kartu kuning kedua.

Bek Bhayangkara FC itu harus ditandu keluar lapangan karena cedera. Kehilangan satu pemain, anak-anak asuhan Indra Sjafri itu harus bertahan total. Akibatnya, gempuran demi gempuran dilakukan Timnas UEA.

Namun, mereka tidak mampu memanfaatkan kekurangan pemain Timnas Indonesia. Sebab, serangan demi serangan yang dilakukan UEA berhasil dipatahkan. Hingga peluit panjang babak kedua berakhir, tidak ada lagi gol yang tercipta.

Dengan kemenangan tipis 1-0 atas UEA, Timnas Indonesia berhak lolos ke babak delapan besar. Timnas Indonesia akan mendampingi Qatar dari Grup A Piala Asia U-19. Pasalnya, pada pertandingan melawan Taiwan, Qatar menang 4-0.

Susunan Pemain

Indonesia U-19: 1 Muhamad Riyandi, 3 Asnawi Mangku Alam, 5 Nurhidayat, 13 Rachmat Irianto, 11 Firza Andika, 17 Syarian Abimanyu, 8 Witan Sulaeman, 7 Muhammad Lutfi, 10 Egy Maulana, 15 Saddil Ramdani, 19 Hanis Saghara Putra

UEA U-19: 17 Suhail Abdulla Almutawa, 3 Yousif Ali Almheiri, 5 Ahmad Abdulla Suroor, 6 Omar Ahmad Saleh, 12 Abdelrahman Saleh Khamis, 15 Mansor Ibrahim Alharbi, 18 Eid Khamis Alnuaimi, 19 Majsid Rashid Almehrzi, 8 Ali Saleh Amro, 16 Ahmad Fawzi Abdalla, 23 Abdulla Alnaqbi

(pin)