25 radar bogor

Energi Baik PGN Solusi Tepat untuk Maju Bersama

TEMU PELANGGAN:

BOGOR-RADAR BOGOR, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Area Bogor, mengadakan acara Temu Potensi Calon Pelanggan dan Pelanggan Baru PGN Sales Area Bogor 2018, Rabu (24/10/2018).

Di depan 16 calon pelanggan yang saat ini masih menggunakan bahan bakar minyak dan batubara, Group Head Business Unit Gas Product, Wahyudi Anas memaparkan, bisnis PGN siap mendukung para calon pelanggan di wilayah Kabupaten Bogor untuk dapat menikmati energi gas bumi.

Wahyudi mengatakan, PGN juga siap memberikan tambahan keuntungan bagi para calon pelanggan. “Keuntungannya efisiensi, karena dengan menggunakan gas bumi PGN, biaya produksi bisa dikurangi dan menghilangkan keterlambatan pasokan bahan bakar,” ujarnya dalam acara yang berlangsung di Hotel Grand Savero, Bogor tersebut.

Dia memaparkan, saat ini produk-produk gas bumi PGN ada berbagai macam. Di antaranya Gasku yang merupakan produk gas bumi untuk kendaraan yang menggunakan bahan bakar gas (BBG) seperti angkot, taxi dan bus Transjakarta.

Juga ada Sinergi, yang merupakan produk gas bumi untuk industri dan komersil di kawasan yang memiliki jaringan pipa gas bumi PGN. Beberapa produk lainnya adalah Gaslink yang merupakan produk gas bumi untuk industri dan komersil yang metode pendistribusiannya menggunakan kendaraan.

Produk PGN lainnya adalah Gaskita yakni produk gas bumi yang diperuntukkan bagi konsumen rumah tangga. Gas bumi PGN memiliki tingkat keamanan yang tinggi dibanding dengan gas LPG, karena berat jenis gas bumi (CH4) lebih ringan dibandingkan berat jenis udara. Walhasil, jika instalasi pipa mengalami kebocoran, maka gas bumi akan naik dan terurai di udara melewati ventilasi yang ada.

Lebih lanjut Wahyudi menjelaskan, dengan sinergi antara PGN dan PT Pertamina Gas pasokan ke wilayah Bogor semakin terjamin. Apalagi PGN saat ini mempunyai FSRU yang menambah cadangan gas yang siap dialirkan kepada para pelanggan PGN.

Sementara itu Manager PT PGAS Solution Area Bogor, Bambang Budiono mengatakan, salah satu anak usaha PGN, kehandalan jaringan pipa gas PGN dijamin bebas gangguan selama 24 jam sehari.

Sehingga proses produksi bagi industri dan pelanggan tidak terganggu. Adapun jika mengalami kendala pada jaringan, maka dapat mengadukan ke tim PGN Bogor dan akan direspon oleh tim tanggap darurat PGN dalam waktu kurang dari 2 jam.

Salah satu calon pelanggan PGN, Dadan Hermawan dari PT Trio Utama yang merupakan perusahaan furniture di wilayah Bogor mengungkapkan ketertarikan untuk menggunakan gas bumi PGN sebagai bahan bakar.

Dadan mengatakan, biaya produksi dapat bekurang hingga 40 persen dan kualitas produksinya meningkat karena mengurangi produk cacat dan tidak menimbulkan polusi udara.

Turut hadir juga dalam acara tersebut, Endang Nurmayati selaku Kepala Bidang Pengendalian Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor.

Endang mengatakan, dengan menggunakan gas bumi industri turut serta mendukung program pemerintah dalam mengurangi pemanasan global dan mengurangi limbah B3 yang dihasilkan diwilayah Kabupaten Bogor.(pin/*)