25 radar bogor

Truk Limbah Ikan Cemari Jalan Raya Narogong, Warga Keluhkan Bau Busuk yang Mengenyat

Salah satu titik di Jalan Raya Narogong yang tercemari air limbah ikan.

CILEUNGSI-RADAR BOGOR, Aktivitas truk pengangkut limbah ikan dari Pabrik Sarden di Klapanunggal, dikeluhkan warga di sepanjang Jalan Raya Narogong. Pasalnya, air limbah yang tumpah ke jalan itu menyebabkan aroma bau busuk.

“Setiap sore kami siram jalan biar air limbah itu bersih. Baunya sangat busuk,” ujar warga RT 05/05 Desa Cileungsi Kidul, Cileungsi, Anjelika Purba kepada Radar Bogor, kemarin.

Warga lainnya, Rahmat (44) mengatakan, bau busuk dari air limbah yang tumpah ke jalan ini, sudah berlangsung lebih dari satu tahun.

Untuk itu, ia meminta agar pemerintah mengambil langkah tegas terkait limbah tersebut.

“Harusnnya ditindak, jangan sampai merugikan warga. Kami setiap hari mengeluh, tapi tidak ada yang dengar dan menanggapi,” ujarnnya.

Sementara, Kepala Bidang Penegakan Hukum dan Pemulihan Lingkungan (PHPL) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Budi Mulyawan, mengatakan, pabrik tersebut salah satu pabrik yang disegel oleh Satpol PP dan DLH.

“Ada 12, salah satunya ini. Kami terus lakukan pembinaan dan sudah diberi sanksi tegas. Termasuk soal izin dan IPAL yang sedang diurus,” singkatnya. (don/c)