25 radar bogor

Negara Berkembang Saling Curhat Soal ‘Keperkasaan’ The Fed

Forum bank sentral dunia di Bali (Fedrik Tarigan/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR Rangkaian acara Pertemuan Tahunan Internasional Monetary Fund (IMF) World Bank 2018 telah dimulai. Seluruh bank sentral dan para Menteri Keuangan saling bertukar pikiran soal perekonomian global saat ini.

Dalam kesempatan tersebut, bank sentral Filipina dan Meksiko, misalnya, mengatakan sedang mengalami tekanan yang besar sebagaimana yang sedang dialami Indonesia. Kemudian, permasalahan itu dibahas dan dicarikan jalan keluar.

“Langkah yang mereka ambil adalah mengupayakan agar nilai tukar bergerak sesuai fundamentalnya. Penting menjaga resiliensi ekonomi agar kurs tidak bergerak liar,” kata Direktur Eksekutif Departemen Internasional BI Doddy Zulverdi di Nusa Dua, Bali, Rabu (10/10).

“Satu lagi, memperkuat instrumen hedging, itu ditekankan sekali oleh para gubernur [bank sentral] tadi,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi strategi The Fed dalam melakukan normalisasi kebijakan. Apalagi, langkah tersebut dilakukan secara transparan.

“Sehingga, walaupun dampaknya besar, unsur ketidakpastian dari normalisasi kebijakan di AS berkurang,” tuturnya.

Sementara itu, Presiden Federal Reserve New York John Williams memberi sinyal The Fed akan terus menaikkan suku bunga. Hal itu dilakukan agar perekonomian Negeri Paman Sam tetap tumbuh.

“Kenaikan itu akan dilakukan untuk stabilitas perekonomian AS,” pungkasnya.

(hap/JPC)