Beranda Bogorku Bersih SDN Kebon Pedes 5 Berdayakan Pedagang sekitar Sekolah

SDN Kebon Pedes 5 Berdayakan Pedagang sekitar Sekolah

Kerja bakti membersihkan dan menyiram tanaman yang ada di SDN Kebon Pedes 5.

BOGOR–RADAR BOGOR,Lingkungan sekolah yang bersih memang diawali kesadaran para penghuninya. Namun bukan berarti hanya guru, siswa maupun penjaga sekolah. Pedagang makanan dan minuman, baik yang di dalam maupun di luar sekolah, juga turut andil di dalamnya.

Hal itu pula yang membuat SDN Kebon Pedes 5 menyosialisasikan kebersihan tidak hanya pada murid, melainkan pada pedagang di sekitar sekolah.

“Kalau anak-anak jajan itu sampahnya harus dikembalikan, kita juga dengan penjual ini menyosialisasikan tentang makanan sehat karena warung mereka juga menunjang UKS (Unit Kesehatan Sekolah) kita,” ujar Koordinator Kebersihan SDN Kebon Pedes 5 Euis Agung Arita kepada Radar Bogor, kemarin (9/10).

Selain sosialisasi, sambungnya, pihak sekolah juga membentuk tim UKS yang bekerja sama dengan pedagang. Hal itu sebagai upaya makanan dan minuman yang dijual pedagang tak ada yang berbahaya bagi anak. Apalagi sampai ada penjualan narkoba berkedok permen atau yang lainnya.

“Saat jadwal kegiatan olahraga kita wajibkan siswa untuk makan bersama-sama dengan menu makanan empat sehat lima sempurna yang mereka bawa dari rumah,” tutur wanita yang juga guru kelas 6 ini.

Dengan begitu, Euis berharap kesehatan para siswa tak hanya didapat dari lingkungan yang bersih.

Melainkan juga dari makanan yang sehat.

“Selain terhindar dari penyakit, kesehatan anak juga akan meningkat, bahkan meningkatkan prestasi belajar dan dampak pada lingkungan yang bebas dari sampah plastik,” pungkasnya.

(gal/c)