25 radar bogor

Hanya Jersey Timnas yang Mampu Memupus Rivalitas

Timnas Indonesia mampu menyatukan semua perbedaan. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Timnas Indonesia akan segera kembali menjalani aktivitas. Dua pertandingan uji coba sudah menunggunya. Pertama, menghadapi Myanmar pada Rabu (10/10) malam. Dilanjutkan dengan menjamu Hongkong, Selasa (16/10) sore.

Kebetulan, jadwal laga uji coba Timnas kali ini dilakukan setelah berlangsungnya laga panas derby Jawa Timur antara Arema FC lawan Persebaya Surabaya, Sabtu (6/10) lalu. Rivalitas kedua klub ini membuat suhu selalu tinggi ketika saling berhadapan.

Namun, beberapa penggawa dari klub yang terlibal dalam duel klasik tersebut, sudah menunjukkan bahwa rivalitas itu telah berakhir. Ini terlihat dalam sesi latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Senin (8/10) pagi. Komunikasi antarpemain terlihat cair. Mereka saling tegur sapa meski beberapa hari sebelumnya terlibat duel panas.

Di antaranya adalah Irfan Jaya dan Alfin Tuasalamony. Keduanya baru saja berhadapan pada laga tensi tinggi di Malang, Sabtu lalu (6/10). Rivalitas itu tak terlihat lagi kemarin pagi.

Irfan yang merasa ‘junior’ sangat menghormati Alfin yang sudah lama berseragam Timnas. Keduanya juga tidak segan untuk saling menolong ketika salah satu di antara mereka ada yang terjatuh di lapangan.

Irfan mengatakan, sudah melupakan rivalitas yang terjadi antara klubnya dengan klub Alfin, Arema FC. ’’Pemain itu harus saling respek. Rivalitas itu hanya 90 menit di atas lapangan. Selebihnya, kami tetap bersaudara,’’ beber Irfan.

Irfan menegaskan, tidak ada satu pun pemain membawa identitas klubnya saat sudah mengenakan kostum Timnas. Semuanya melebur jadi satu.

’’Kami di sini untuk Indonesia. Kami sudah bukan dari klub-klub lagi. Kami bawa nama negara di sini, harus respek satu sama lain,’’ jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan pemain naturalisasi Esteban Vizcarra. Meski ini merupakan debutnya berkostum Timnas, pemain lainnya sangat terbuka dan menerimanya dengan baik.

’’Ya adaptasi bagus. Semua pemain di sini pernah saya lawan dan ajak bicara ketika di liga. Jadi semua kenal dan baik. Semua saling bantu, tidak ada perbedaan,’’ tutupnya.

(jpg/adw/JPC)
#timnas indonesia #persebaya surabaya #arema fc #irfan jaya