Beranda Bogor Raya Jalur Lingkar Selatan Rusak, Pengendara Ngeluh

Jalur Lingkar Selatan Rusak, Pengendara Ngeluh

dok.metropolitan.id

MEGAMENDUNG-RADARBOGOR, Jalur Alternatif Lingkar Selatan Puncak perlu diper­hatikan. Sebab, jalan tersebut bisa mengurai kemacetan Puncak sebagai jalur alternatif. Namun saat ini ruas Jalan Cikopo Selatan yang sangat pan­jang mengalami kerusakan. Hal itu diakibatkan banyaknya saluran air yang tidak berfungsi dengan baik. Alhasil, air yang seharusnya mengalir di saluran akhirnya berpindah ke jalan.

Kerusakan jalan tersebut dipicu ba­nyak faktor. Selain drainase yang tidak berfungsi, banyaknya kendaraan be­sar yang masuk ruas jalan tersebut juga menyebabkan jalan lebih cepat rusak. Tak ayal, kondisi tersebut di­keluhkan masyarakat setempat. Salah satunya datang dari warga Sukamahi, Iwan Meichin.

Memasuki musim penghujan, sam­bung Iwan, Pemkab Bogor seharusnya sudah mengantisipasi kerusakan jalan dengan melakukan perawatan jalan. Jika tidak dilakukan dari sekarang, terang Iwan, kerusakan jalan akan semakin parah jika musim hujan turun.

”Saat ini baru beberapa kilometer yang dibetonisasi. Perawatannya pun hanya beberapa kilo. Padahal, kerusa­kan jalan masih terlihat di beberapa ruas di jalan itu,” ujarnya.

Sebelumnya, masyarakat menda­patkan informasi bahwa ruas Jalan Cikopo Selatan akan ditingkatkan dalam tiga tahap. Tahap pertama pada 2017 yakni betonisasi dari pintu masuk Gadog sepanjang dua kilome­ter.

“Iya, yang saya tahu termin pertama pada satu tahun lalu sudah dilaksana­kan PT Putra Priangan dengan ang­garan Rp3,2 miliar sepanjang 3 km dari pertigaan Gadog sampai Puri Mandiri dan kondisinya sudah ada gelombang bahkan mengalami ke­rusakan lagi di beberapa bagian. En­tah apa penyebabnya, tahun ini termin selanjutnya tidak dilaksanakan,” ung­kapnya.(ash/c/suf/py)