25 radar bogor

Cara Cepat Nabung DP Rumah Buat yang Berpenghasilan Rp5 Juta Per Bulan

Ilustrasi menekan pengeluaran untuk investasi masa depan (Pixabay.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR Saat berpikir untuk mulai membeli rumah, pertama-tama yang harus dipikirkan adalah cara membayar uang muka atau down payment (DP). Bagaimana cara menyisihkan penghasilan per bulan supaya uangnya cepat terkumpul? Ternyata ada triknya. Dilansir dari rumah123.com, berikut dua cara supaya uang muka cepat terkumpul.

Simulasinya adalah ketika kamu memiliki penghasilan atau gaji Rp 5 juta per bulan. Kamu berencana menyisihkan 20 persennya. Maka kamu akan menyisihkan Rp 1 juta per bulan.

Dalam satu tahun, kamu akan mengumpulkan Rp 12 juta. Ini tentunya belum menghitung saat kamu mendapatkan bonus dan tunjangan hari raya (THR). Padahal kamu bisa menyisihkan lebih banyak lagi.
Cara Cepat Nabung DP Rumah Buat yang Berpenghasilan Rp5 Juta Per Bulan
Ilustrasi pengembangan rumah menengah (Dok.JawaPos.com)

Direktur RBK Advisory, Jason Robinson memiliki sederetan cara untuk menghemat dan juga menabung DP dalam jumlah lumayan dari cara yang mungkin kamu tidak sadari.

Pertama, periksa tagihan bank. Mungkin kamu menghabiskan uang banyak tanpa kamu ketahui lantaran kamu lupa atau tidak kamu sadari.

“Saya pernah menemukan kalau iTunes menagih saya USD 10 (Rp 144 ribu) per bulan untuk langganan Techwise yang saya tandatangani dua tahun lalu. Saya harus membayar USD 240 (Rp 3,4 juta) dan saya tidak pernah membacanya sama sekali,” ujar Robinson kepada situs properti Australia realestate.com.au.

Berkaca dari kasus tersebut, kamu dapat memilih tagihan via e-mail, maka kamu bisa menghemat Rp 120 ribu per tahun. Artinya uang itu bisa dialihkan untuk menabung uang muka.

Selain itu, kamu bisa mengecek tagihan lainnya seperti telepon, langganan televisi kabel, dan lainnya. Mungkin kamu pernah mengambil sejumlah paket televisi kabel?

Padahal kamu juga jarang menonton televisi karena kesibukan di kantor atau aktivitas lainnya. Ngapain langganan televisi kabel Rp 500 ribu per bulan padahal kamu sudah bisa menonton via smartphone?

Kedua, memasak dalam jumlah banyak. Cara ini bisa menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Kamu bisa menyiapkan makanan saat weekend, Sabtu dan Minggu, sekaligus juga melakukan family time.

“Kami memasak dalam jumlah banyak. Kami meracik makanan pada Minggu jadi satu pekan ke depan, kami sudah merencanakan dengan baik dan kami tidak berencana membeli makanan,” ujar Robinson.

“Saat Anda membeli makan siang setiap hari, kamu akan mengeluarkan uang USD 10 (Rp 144 ribu) atau USD 20 (Rp 288 ribu) dan pengeluaran uang yang lebih banyak dari yang Anda sadari pada akhir pekan,” lanjutnya.

Kalau kamu makan siang Rp 50.000 per hari, kamu bisa menghemat Rp 1,5 juta per bulan. Artinya, ada uang yang bisa dihemat untuk dialokasikan untuk menabung uang muka.

(ce1/uji/JPC)