Beranda Bogorku Bersih SMK Tri Dharma 2 Beri Reward Kelas Terbersih

SMK Tri Dharma 2 Beri Reward Kelas Terbersih

BERSIH-BERSIH : Gotong royong membersihkan berbagai sudut maupun lapangan sekolah.

BOGOR–RADAR BOGOR,Program kebersihan yang digalakkan di SMK Tri Dharma 2 beragam. Seperti adanya Rabu Getas (gerakan tanpa sampah) dan Jumsih (jumat bersih). Lalu ada satu penilaian harian yang akan dilaporkan tiap minggu, dan reward-nya adalah pemberian ruang istimewa atau VIP.

Demikian disampaikan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMK Tri Dharma 2, Kuswitiyarto.

“Ada tiga ruang VIP, ada absen terbaik dan ruang kelas terbersih. Memang ke depannya wali kelas punya motivasi, jika masuk ke ruang VIP lebih dari satu bulan biasanya ada hadiahnya lagi,” ujarnya.

Ia menambahkan, program Bogorku Bersih ini sangat positif. Jadi guru tidak perlu repot–repot untuk mengatakan kebersihan harus dijaga, tetapi siswa sudah menjaga sendiri. “Bahkan di sini ada istilahnya elisabet (eh liat itu sampah diembat/diambil). Jadi warga sekolah sama–sama menjaga lingkungan sekolah dari hal terkecil,” terangnya.

Senada, Koordinator Sekolah Adiwiyata, Lilis Yulianti mengatakan Bogorku Bersih ini tentunya lebih berinovasi lagi untuk anak-anak agar terus sadar pada kebersihannya. Karena beberapa program di sekolah ini ada penilaian kelas terbersih itu setiap minggu.

“Ada penilaian untuk anak–anak yang kelasnya paling bersih. Lalu diberikan reward kepada mereka yang menang dengan memberikan ruang istimewa,” ungkapnya.

Selain itu, ada program Getas, bank sampah sudah berjalan, Jumsihnya juga rutin. “Kepala sekolah juga sangat mengapresiasi dengan program–program kebersihan yang ada di sini,” tukasnya.(cr4/c)