Beranda Bogor Raya Lahan Pertanian Riwayatmu Kini

Lahan Pertanian Riwayatmu Kini

dok.metropolitan.id

CIBINONG-RADARBOGOR, Berkembang pesatnyanya pembangunan peru­mahan di Kecamatan Gunungsin­dur mendapat kritik dari warga. Pasalnya, keberadaan bangunan beton ini sudah mulai menggerus keberadaan persawahan di wi­layah Utara Kabupaten Bogor. Hal itu seperti yang diungkapkan te­naga pendidik yang tinggal di Desa Cibinong, Kecamatan Gunungsindur, Danu Iskandar (43).

”Sawah-sawah di Gunungsindur terancam menyusut. Padahal, lahan budidaya dapat memberi jasa ling­kungan sebagai penyerap karbon dan polutan, penyimpan cadangan air, mempertahankan keberagaman hayati serta tentunya jaminan ke­lestarian pangan untuk mencegah penyusutan,” katanya.

Lelaki yang berprofesi sebagai guru di Jakarta itu juga memper­tanyakan kemudahan si pemilik modal untuk bisa mendapatkan lahan. Sebab, ia berpendapat ba­nyaknya berdiri perumahan dip­astikan hitungan berapa tahun lagi kawasan Gunungsindur akan kesulitan mendapatkan lahan per­tanian dan perikanan.

”Program yang digembor – gembor pemerintah tentang ketahanan pangan, saya sangat pesimis akan berhasil. Buktinya setiap hari lahan pertanian semakin menyusut, saya berharap ada pembatasan lahan pertanian yang dijadikan perumahan, harus ada atu­ran yang jelas terkait permasalahan ini,” tukasnya. (dyn/b/rez)