25 radar bogor

Cuitan Trump Soal Monopoli OPEC Bikin Harga Minyak Dunia Merosot

Ilustrasi pengeboran minyak lepas pantai (Pixabay.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR Lagi-lagi, manuver Presiden Amerika Serikat Donald Trump picu fluktuasi harga minyak dunia. Trump, melalui cuitannya mengatakan negara pengekspor minyak atau OPEC perlu menurunkan harga minyak karena perlindungan militer AS untuk wilayah mereka.

“Kami melindungi negara-negara Timur Tengah, mereka tidak bisa aman dalam waktu yang lama tanpa kami. Mereka harus menekan harga minyak yang terus-terusan naik. Kami akan mengingat! Monopoli OPEC harus turunkan harga sekarang,” kata Trump dalam cuitannya, Kamis (20/9).

Patokan global minyak mentah Brent turun 80 sen menjadi USD78,60 pada jam 2:27 siang. ET, setelah memperoleh setengah persen pada hari Rabu.
Cuitan Trump Soal Monopoli OPEC Bikin Harga Minyak Dunia Merosot
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Dok.Reuters)

Minyak mentah West Texas Intermediate AS mengakhiri sesi Kamis turun 38 sen menjadi USD70,80 per barel, setelah naik hampir 2 persen pada sesi sebelumnya.

Patokan global Brent telah diperdagangkan tepat di bawah USD80 per barel, mendekati tertinggi selama hampir empat tahun. Pemicunya karena ada harapan bahwa sanksi AS terhadap Iran, produsen terbesar ketiga OPEC, akan mengurangi pasokan di pasar dunia.

“Arab Saudi dan Iran, akan bertemu akhir pekan ini dengan produsen non-OPEC seperti Rusia untuk membahas tingkat produksi. Itu akan menjadi pertemuan terakhir sebelum pemilihan paruh waktu bulan November di AS,” dilansir dari CNBC, Jum’at (20/9).

Trump telah meminta OPEC untuk mengambil tindakan untuk menurunkan harga minyak beberapa kali tahun ini. Kartel yang beranggotakan 15 negara , bersama dengan produsen yang dipimpin Rusia, telah menutup produksi sejak Januari 2017 untuk mengakhiri penurunan harga minyak yang berkepanjangan. Ini telah membuat ratusan perusahaan energi AS terpukul dan menimbun tekanan keuangan pada eksportir minyak mentah.

Harga minyak kembali rebound setelah adanya pemotongan produksi di negara-negara seperti Venezuela dan Libya. Administrasi Trump juga mendorong harga dengan mengembalikan sanksi terhadap Iran, produsen terbesar ketiga OPEC, dan mengatakan itu bertujuan untuk memangkas ekspor nasional ke nol pada November.

OPEC dan aliansi Rusia sekitar dua lusin produsen setuju pada bulan Juni untuk sedikit meningkatkan produksi dan mengembalikan beberapa barel yang mereka lepaskan dari pasar, sebagian untuk mengimbangi hilangnya pasokan Iran.

Meskipun demikian, harga minyak telah kembali ke tertinggi empat tahun dekat USD80 per barel untuk patokan internasional minyak mentah Brent dan di atas USD70 untuk WTI. Biaya rata-rata bensin juga tetap tertahan di beberapa tahun tertinggi pada sekitar USD2,85 per galon dan menunjukkan sedikit tanda jatuh sebelum Amerika pergi ke tempat pemungutan suara pada bulan November.

Administrasi Trump menetapkan tenggat waktu bagi pembeli minyak untuk memotong impor dari Iran untuk 4 November, hanya dua hari sebelum pemilihan paruh waktu. Trump salah menyebut OPEC sebagai monopoli dalam tweet-nya. Sebab kelompok 15 negara produsen bersama-sama menyumbang sekitar sepertiga dari pasokan minyak dunia.

Klaim presiden bahwa anggota OPEC “terus mendorong harga minyak yang lebih tinggi dan lebih tinggi” juga dipertanyakan. Faktor utama dalam keputusan OPEC pada Juni untuk menaikkan output adalah kekhawatiran bahwa permintaan minyak akan mulai menderita jika harga naik jauh di atas USD80 per barel.

(uji/JPC)