25 radar bogor

Tanah Berubah jadi Lumpur, Ribuan Rumah di Perumnas Balaroa Ditelan Bumi. Lihat Video Terkininya

PALU-RADAR BOGOR,Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan setidaknya terdapat 1.747 rumah di Perumnas Balaroa, Palu Barat, Sulawesi Tengah tertimbun lumpur akibat gempa bumi 7,4 SR yang mengguncang Kota Palu dan sekitarnya pada Jumat (28/9) lalu.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, fenomena tanah yang berubah menjadi lumpur dan kehilangan kekuatan disebut likuifaksi.

Efek likuifaksi tersebut seolah-olah membuat perumahan Balaroa terkesan hanyut dan ditelan bumi. Hal itu disebabkan oleh massa dan volume lumpur yang keluar dalam jumlah besar saat gempa.

“Perumnas Balaroa terjadi pengangkatan dan penurunan. Perkiraan sementara 1.747 rumah,” kata Sutopo di Graha BNPB, Jalan Raya Pramuka, Jakarta Timur, Selasa (2/10/2018).

Selain di Perumnas Balaroa, kondisi sama juga terjadi di Kelurahan Petobo, Palu Selatan. Dia daerah tersebut tertimbun lumpur akibat gempa.

Berikut video terkini Perumnas Balaroa pasca gempa dan Efek likuifaksi  yang berhasil direkam wartawan radarbogor.id dari lokasi.

https://www.youtube.com/watch?v=_RCOXd01XAk&feature=youtu.be

(rdw/ysp/JPC)