Beranda Bogorku Bersih SMPN 11 Bogor Kuatkan Tim Adiwiyata

SMPN 11 Bogor Kuatkan Tim Adiwiyata

Perwakilan guru dan siswa memunguti sampah yang berserakan.

BOGOR–RADAR BOGOR,Membuat lingkungan sekolah menjadi bersih, bukanlah tugas satu atau dua siswa saja. Namun, menjadi tanggung jawab seluruh elemen yang ada di sekolah. Dari mulai siswa, guru, dan tenaga didik lainnya.

Begitu pula yang diterapkan SMPN 11 Kota Bogor. Sudah lama dibentuk, Tim Adiwiyata di SMPN 11 terus rutin dalam membuat lingkungan sekolah menjadi bersih. Kelompok itulah, yang nantinya bakal bergantian bersih–bersih setiap harinya.

“Masing–masing ada koordinatornya. Misalkan di kantin, ada koordinatornya. Ada juga warung koperasi, sekolah dan kelas sehat. Kita imbau ke seluruh wali kelas yang ada untuk selalu jaga kebersihan,” tutur Kepala SMP 11, Sapta Saesti.

Tak hanya itu, untuk mendukung pengurangan sampah, program membawa bekal makanan maupun minuman yang sudah dilakukan secara serentak oleh pemerintah juga terus diterapkan. Kantin yang ada, juga tak diizinkan memberikan gelas plastik.

“Jadi anak–anak harus bawa sendiri, tujuannya ya untuk memperkecil jumlah sampah yang ada. Kita juga membuat lubang biopori di setiap kelas masing–masing. Ada 10 kelas di lantai bawah, kelas yang di atas diberi lahan untuk biopori di depan sekolah juga di halaman,” tukasnya.(dka/c)