Beranda Bogor Raya Jembatan Rancabungur Dijadikan Tps Dadakan

Jembatan Rancabungur Dijadikan Tps Dadakan

dok.metropolitan.id

RANCABUNGUR-RADARBOGOR, Tega! Nampaknya kata itu pas disematkan kepada ok­num tak bertanggung jawab yang membuang sampah di jembatan batas kecamatan, Desa Rancabungur, Kabupaten Bogor itu. Sehari-hari, jembatan yang menghubungkan Kecamatan Rancabungur dengan Ciampea itu dipenuhi sampah ru­mahan. Bahkan, bisa dibilang jem­batan ini sebagai Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dadakan.

“Sampah ini sudah berminggu-minggu. Warga biasa buang di sini. Mungkin mereka menganggap jem­batan ini sebagai TPS,” kata pengen­dara motor yang ditemui Metropo­litan di lokasi, Budi Irawan (34).

Menurut warga Ciampea ini, bagai­mana wilayah Kabupaten Bogor akan mendapat predikat Kabupaten Ter­maju di Indonesia jika penanganan sampah saja sepertinya sulit. Terlihat nyata, sampah berserakan dan me­nyebabkan bau busuk yang menyen­gat.

“Ya, seharusnya dinas tak tinggal diam. Sampah harusnya diangkat sebelum bau menyengat dan meny­ebabkan penyakit,” imbaunya.

Sementara warga setempat, Sa­nusi (45), merasa heran dengan perilaku oknum tersebut.

“Saya ng­gak ngerti kenapa mereka nggak peka pada lingkungan. Di sisi lain orang-orang sedang giat member­sihkan dan menjaga lingkungan, eh di sini sebaliknya,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala UPT Kebersihan wilayah Parung, Siti Sundari, mengaku sangat prihatin atas perilaku buruk yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab ini. Sebab, pihaknya sering mengedukasi masy­arakat tentang bahaya sampah yang bisa menjadi penyebab bencana.

“Saya secara pribadi sangat priha­tin, masih banyak warga yang belum peduli terhadap lingkungannya. Saya harap warga lebih bisa menghargai alam dengan menjaga kebersihan atau tidak membuang sampah sem­barangan,” ujarnya.(dyn/b/rez/py)