Beranda Bogorku Bersih SMPN 3 Bogor Geber Kerja Bakti Bersama

SMPN 3 Bogor Geber Kerja Bakti Bersama

BOGOR–RADAR BOGOR,Setiap kelas pasti ada petugas piket dari siswa setiap hari. Para siswa bekerja pagi–pagi sebelum belajar, dan siang hari ketika selesai belajar. “Rutin dilakukan setiap kelas dengan dibimbing wali kelas masing–masing,” kata Kepala SMPN 3 Bogor, Nyayu Thoyibah.

Luas tanah keseluruhan 4061m2 dengan siswa tahun ini berjumlah 890 dan karyawan 63. “Kemudian Jumat ada jumpa belia yakni Jumat bersih jaga lingkungan Anda. Lalu ada insidental misal untuk penilaian kelas setiap bulan, yang juga ada tropi bergilirnya untuk kelas terbersih,” bebernya kepada Radar Bogor.

Bukan karena ada lomba–lomba saja, lanjut Nyayu, karena siswa sudah terbiasa dengan menjaga lingkungan, untuk itu walau sedang ada acara, sampah tidak kelihatan di lingkungan sekolah yang memiliki total luas tanah 4061m2 dengan jumlah siswa tahun ini 890 orang. “Jadi ditanamkan pada siswa walaupun kulit permen pun belum menemui tempat sampah, masukkan ke saku atau ke dalam tas. Nanti setelah bertemu tempat sampah, baru dibuang,” ujarnya.

Petugas kebersihan sekolah wajib setiap pagi membersihkan toilet, juga pada jam istirahat pertama, dan kedua karena toilet juga salah satu yang terpenting.

“Jadi toilet selalu dalam keadaan bersih rapi. Di ruang–ruang ekskul juga, yang biasanya numpuk anak–anak di situ tetap harus bersih ditata dengan baik seminggu sekali untuk merapikan ruangannya,” ungkapnya.

Lalu ada pemeriksaan jentik setiap Jumat, di sekolah juga ada tim jumantik yang masuk ke ruang kepala sekolah, toilet, ke kelas, ruang guru, dan lainnya.

Nyayu berharap, ada kenaikan menjadi juara Bogorku Bersih.

 

“Karena usaha kita bersama antara kepsek, guru, karyawan, juga siswa. Bahkan untuk siswa, pelajaran pendidikan lingkungan hidup (PLH) kemarin mengganti pot bunga menjadi pot berwarna yang sangat indah dipandang,” tukasnya.(cr4/c)