Beranda Bogor Raya Catat, Tugas Disdamkar Bukan cuma Padamkan Api

Catat, Tugas Disdamkar Bukan cuma Padamkan Api

dok.metropolitan.id

CIAWI-RADARBOGOR, Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Bogor selama ini sudah memiliki brand di masyara­kat hanya sebagai petugas damkar. Padahal, fungsinya lebih dari sekadar menjinakkan si jago merah.

Menurut Kepala UPT Disdamkar Wilayah Ciawi Nendri, disdamkar me­miliki fungsi yang lain. Petugas siap diterjunkan jika ada kejadian luar bi­asa. Di antaranya seperti bencana alam, penanganan ular berbisa atau binatang buas yang meresahkan warga.

”Bahkan, Disdamkar juga bertugas menangani kejadian luar biasa, seperti bencana alam, hewan liar yang mengganggu ketenteraman dan penyuluhan tentang bahaya kebakaran,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, UPT Disdamkar wilayah Ciawi kerap melaksanakan berbagai penyuluhan baik ke sekolah ataupun ke masyarakat.

”Banyak ma­teri yang disampaikan. Mulai dari cara menghindari kebakaran, eva­kuasi korban sampai cara memada­mkan api yang terbilang membahay­akan,” paparnya.

Tak hanya itu, Nendri juga mengim­bau masyarakat jangan sungkan melapor jika ada indikasi api yang membahayakan. Jangan sampai telat apalagi tidak melapor jika terjadi ke­bakaran atau bahaya lain yang meng­ganggu keamanan warga.

Seorang pelapor, Inggit (43), menga­ku tidak tahu jika disdamkar bisa me­nangani hal selain kebakaran.

”Tadi­nya saya bingung mau minta tolong ke mana,karena warga tidak mau mengambil sarang lebah itu. Tapi se­telah ada penyuluhan dari UPT Dis­damkar, akhirnya saya melapor juga. Alhamdulillah semua bisa ditangani,” terangnya. (ash/b/suf/py)