Beranda Bogorku Bersih SMPN 4 Bogor Anjurkan Siswa Bawa Botol Minum

SMPN 4 Bogor Anjurkan Siswa Bawa Botol Minum

Sebagian siswa SMPN 4 pose di depan pot-pot tanaman yang menghijaukan sekolah.

BOGOR–RADAR BOGOR,Kebersihan merupakan cerminan. Baik dalam kelompok maupun perseorangan. Meski bersih bukan untuk dilombakan, dengan kegiatan Bogorku Bersih bisa memacu dan memotivasi bukan hanya murid juga para guru. Hal itu diungkapkan Kepala SMPN 4 Bogor Wawan.

“Dengan Bogorku Bersih ini kita bisa terpacu, Walaupun tidak juara satu minimal kita bisa mengikuti tahapannya dan memotivasi ke depan agar lebih baik,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (1/10).

Baginya dasar dari kebersihan merupakan kesadaran individu. Dengan begitu, inovasi bisa berjalan. Di SMPN 4 Bogor sudah berjalan program rutin terkait kebersihan. Seperti Kamis Bersih dan aktualisasi Pramuka dengan kebersihan di setiap Selasa.

“Kalau bersih juga anak-anak nyaman, semangat dan efektif belajarnya,” tuturnya.

Wakil Kepala Sekolah bidang Sarana dan Prasarana Darmaswara menambahkan, sekolah juga menerapkan sikap malu membuang sampah sembarangan. Kemudian menganjurkan siswa membawa botol minuman sendiri. Hal itu dilakukan sebagai upaya pengurangan penggunaan sampah plastik.

“Harusnya kita applause pimpinan Kota Bogor, Bima Arya, yang sudah membenahi Kota Bogor semaksimal mungkin, kalau itu tidak didukung di bawahnya termasuk sekolah maka Bogor tidak akan seperti ini nantinya,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Guru Pembimbing Hidroponik Yoyoh Nurohmah mengungkapkan bahwa setiap siswa kelas 9 harus memelihara tanaman hidroponik. Setiap kelas memiliki satu perangkat mulai dari pembibitan hingga hasilnya.(gal/c)