25 radar bogor

Timnas Indonesia U-16 vs Australia, Selangkah Lagi ke Piala Dunia

Pemain Timnas Indonesia U-16 merayakan gol ke gawang lawan.

MALAYSIA-RADAR BOGOR, Timnas U-16 Indonesia akan menghadapi Australia, dalam laga perempat final Piala AFC U-16 2018, Senin (1/10/2018) sore (Siaran langsung MNC TV pukul 15:30 WIB).

Jika Bagus Kaffi dkk berhasil mengalahkan Australia dan melaju ke semifinal, maka bisa dipastikan Indonesia lolos ke Piala Dunia U-17 tahun depan.

Australia U-16 lolos ke perempat final sebagai runner-up grup D setelah dalam pertandingan terakhir Jumat (28/9) membantai Afghanistan empat gol tanpa balas di Stadion MBPJ, Petaling Jaya. Gol-gol Australia dipersembahkan Joseph Roddy pada menit kedelapan dan 45+3′ serta Noah Botic (24’ dan 61’).

Lalu, yang menjadi juara grup D adalah Korsel dengan sembilan poin dari tiga kemenangan. Korsel menang atas Irak 2-0.

Korsel sebagai juara grup D akan bersua India sebagai runner-up grup C, sedangkan Australia sebagai runner-up grup D bertemu Indonesia sebagai juara grup C.

Meski lolos ke perempat final dengan status runner-up, Australia tetap saja tim favorit juara. David Maulana dkk wajib waspada. Tahun lalu di Piala AFF U-16, Indonesia pernah kalah 3-7.

Dan, Jumat, pelatih Indonesia U-16 Fakhri Husaini juga mengirim stafnya untuk memantau permainan Australia.

”Saya juga sudah meminta video saat Korea Selatan melawan Australia. Ketika itu, Korsel menang 3-0 atas Australia,” ucap Fakhri.

Kalau melihat postur, Indonesia memang kalah ketimbang Australia. Selain itu, Garuda Asia juga wajib waspada dengan permainan bola silang ala tim asuhan Trevor Morgan itu.

Kendati demikian, Fakhri tidak lantas keder. Pelatih asal Lhokseumawe itu percaya pasukannya bisa memberikan perlawanan.

”Australia tentu tim yang tangguh. Tapi, kami tidak mempermasalahkan siapapun lawan kami. Yang penting fokus dan kami main dengan cara kami,” tutur mantan pemain PKT Bontang itu. (nia/ham)