25 radar bogor

Menara Roboh Akibat Gempa, Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu Tutup

PALU-RADAR BOGOR,Bandara Mutiara Sis Al Jufri Kota Palu, Sulawesi Tengah ditutup akibat gempa berkekuatan magnitudo 7,4. Ternyata, lindu itu menyebabkan menara pengawas di bandara itu roboh.

“Airnav Indonesia cabang Makassar akan mengirimkan peralatan dan teknisi malam ini dari Poso untuk membantu kondisi pemulihan di bandara Palu,” sebut GM Airnav Indonesia Makassar, Novy Pantaryanto melalui siaran pers, sebagaimana dilansir Antara, Jumat  seperti dilansir dari Detik.com(28/9).

Menara milik Airnav Indonesia mengalami kerusakan parah. Kabin menara lantai empat rubuh sehingga peralatan komunikasi lalu lintas pesawat tidak dapat diselamatkan.

“Saat ini belum dapat dilakukan koordinasi dengan tim Airnav Palu karena jaringan seluler tidak beroperasi,” katanya.

Ketika gempa, kata dia, terdapat satu orang karyawan Airnav Indonesia yang sedang bertugas di menara menjadi korban. Dia mengalami patah kaki, tetapi berhasil selamat setelah proses evakuasi.

Rencananya, dirinya bersama teknisi Airnav Indonesia Makassar akan terbang ke Palu bila ada penerbangan untuk melakukan proses recovery atau perbaikan untuk kelancaran lalu lintas pesawat.

Dampak dari gempa tersebut, arus penerbangan ke bandara Palu menjadi terganggu, sehingga Perum LPPPIA Wilayah Makassar, AirNav Indonesia menerbitkan Surat NOTAM nomor HO737/18 perihal AD Closed, lokasi Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu, ditutup sampai tanggal 29 September pukul 19.20 WIB.