25 radar bogor

Mencekam! Beredar Video Detik-detik Tsunami Menerjang Rumah Warga Kota Palu

SULTENG – RADAR BOGOR, Video gelombang tsunami yang menerjang sebuah kawasan pesisir pantai beredar di media sosial.

Dalam video yang diambil dari lantai atas sebuah gedung itu, tampak suasana mencekam detik-detik saat gelombang tsunami menerjang. Belum Diketahui pasti dimana tsunami itu terjadi, banyak yang menduga menerjang rumah warga dan juga Masjid Alhairat di Jalan Sis Al Jufri, Palu.

Awalnya, yang terlihat air hanya menggenangi jalan, namun dari kejauhan tampak gelombang tinggi mendekat dan dalam hitungan menit menyapu bangunan di pesisir tersebut.

Gempa 7,7 SR Guncang Donggala Sulteng, Berpotensi Tsunami

“Astagfirullah…astagfirullah…,” teriak warga yang merekam momen mengerikan itu sambil berlari menghindar.

Sementara itu, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan peringatan dini Tsunami akibat gempa 7,7 SR di Donggala, Sulawesi Tengah pada petang hari ini dinyatakan berakhir. Pernyataan tersebut dikabarkan lewat pesan di akun Twitter BMKG sekitar 5 menit yang lalu.

Gempa berkekuatan 7,7 skala richter mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah pada pukul 17.02 WIB. Berdasarkan pesan yang disampaikan lewat akun Twitter Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berada di 0,18 LS, 119.85 BT atau 27 km Timur Laut Donggala, Sulawesi Tengah.

Getaran Gempa Donggala Terasa Hingga Kota Palu, Lihat Videonya!

“Gempa di kedalaman 10 kilometer dan berpotensi tsunami,” tulis BMKG. Lembaga itu merilis peringatan tsunami dengan warna kuning atau tingkat waspada.

Adapun kota/kabupaten yang diminta waspada terhadap tsunami adalah Dongga bagian barat (Sulteng) dengan status peringatan Siaga, Donggala Utara dengan status Waspada, Mamuju Utara (Sulbar) dengan status Waspada, dan Kota Palu bagian barat (Sulteng) dengan status waspada.

Berikut video tersebut seperti dilansir dari portal berita sulselsatu.id.

https://youtu.be/oS8NnRFfa9U

(ysp)