Beranda Pendidikan IPB Gandeng Perpusnas Latih Staf dan Pustakawan

IPB Gandeng Perpusnas Latih Staf dan Pustakawan

Peserta pelatihan Resource Description and Access (RDA) bagi staf/tenaga di unit perpustakaan dan pustakawan di Kampus IPB Dramaga, Bogor (21-22/9).

BOGOR-RADAR BOGOR, Perpustakaan Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan pelatihan Resource Description and Access (RDA) bagi staf/tenaga di unit perpustakaan dan pustakawan di Kampus IPB Dramaga, Bogor (21-22/9). Pelatihan yang diikuti oleh 15 orang peserta dari berbagai jenjang jabatan ini dibuka oleh Kepala Perpustakaan IPB, Prof. Dr. Ir. Pudji Muljono, M.Si.

Pada kegiatan yang terselenggara berkat kerjasama antara IPB dengan  Perpustakaan Nasional ini, Prof. Dr. Ir. Pudji menyampaikan  pentingnya penerapan RDA dalam pengelolaan bahan perpustakaan yang terus berkembang khususnya koleksi digital. Untuk itu diperlukan Sumber Daya Manusia  (SDM)  yang handal dan mempunyai kompetensi dalam melakukan pengatalogan berbasis RDA.

“RDA merupakan pedoman dan instruksi untuk deskripsi akses ke sumber informasi yang digunakan di perpustakaan yang dirancang untuk menggantikan AACR (Anglo American Cataloging Rules). Pedoman RDA di Indonesia dimaksudkan untuk memberikan petunjuk dasar, diterapkan sebagai acuan pengatalogan bahan perpustakaan dan untuk memudahkan kerja sama dalam pemanfaatan koleksi perpustakaan,” ujarnya.

penerimaan mahasiswa-unpak-universitas-pakuan

Menurutnya, tujuan dari implementasi RDA adalah sebagai kerangka kerja yang lebih fleksibel untuk mendeskripsikan semua jenis materi (analog dan digital) dan menyajikan data yang mampu beradaptasi dengan kemunculan struktur pangkalan data yang baru. Pelatihan ini dipandu oleh  instruktur dari Perpustakaan Nasional RI. (Dh/Zul)