25 radar bogor

Air yang Masuk ke Daratan Surut, BMKG Akhiri Peringatan Tsunami di Kota Palu

SULTENG-RADAR BOGOR,Pasca gempa dan Tsunami di wilayah Sulawesi Tengah, Kepala Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati memberikan pernyataan resmi.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, pihak BMKG mengakhiri peringatan dini tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, setelah air laut yang masuk ke daratan telah surut. Beberapa kapal tampak naik ke daratan setelah terbawa gelombang tsunami.

Dwikorita mengatakan peringatan itu diakhiri setelah pihaknya melakukan pengamatan dan mengonfirmasi beberapa saksi mata yang ada di lapangan.

Berdasarkan catatan BMKG, tsunami yang terjadi di Palu berada dekat dengan pelabuhan. Ketinggiannya diperkirakan mencapai 1,5 hingga 2 meter.

“Peringatan dini tsunami diakhiri setelah airnya surut, kami harus melakukan pengamatan dan mendapatkan konfirmasi saksi mata di lapangan. Namun kemudian surut, terlihat beberapa kapal naik ke darat, itu sudah surut, peringatan dini kami akhiri tepat pukul 17.36 WIB,” kata Dwikorita saat konferensi pers sebagaimana disiarkan CNN Indonesia TV, Jumat (28/9).

Dwikorita menjelaskan pihaknya mengakhiri peringatan dini tsunami, bukan mencabut peringatan tersebut. Sementara air laut tersebut surut setelah tsunami naik ke darat, bukan sebelum terjadi tsunami. cnn/ysp)