Beranda Politik Berapa Persen Suara Gusdurian untuk Jokowi-Ma’ruf, Ini Jawaban Yenny

Berapa Persen Suara Gusdurian untuk Jokowi-Ma’ruf, Ini Jawaban Yenny

Yenny Wahid mempersilakan lembaga survei untuk menghitung suara Gusdurian yang akan memberikan suaranya kepada Jokowi-Ma’ruf Amin. (Miftahul Hayat/jawapos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid tidak mau sesumbar terkait presentase suara yang bakal disumbangkan konsorsium kader Gus Dur untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf. Namun ia memastikan, jaringan pengagum ayahnya itu sangat lah luas.

“Anda hitung sendiri saja. Jaringan kader Gus Dur seberapa banyak. Bisa dilihat dari organ yang ada berapa banyak. Dari semua lapisan juga ada,” ujar Yenny di Rumah Pergerakan Gus Dur, Kalibata, Jakarta, Rabu

Yenny menuturkan, jaringan Gus Dur tersebar dari mulai akar rumput hingga perkotaan. Seperti, kiai kampung, jaringan perempuan NKRI, para santri milenial dan lulusan Timur Tengah. Ada juga kalangan lintas golongan, lintas agama, lintas kelas sosial hingga kelas ekonomi.

“Semuanya ada. Silakan saja diestimisasi sendiri,” sebut Yenny.

Untuk mengetahui seberapa besar suara yang bakal disumbangkan, Yenny menyarankan lebih baik ditanyakan ke lembaga survei. Karena ia khawatir nanti dianggap melakukan klaim yang berlebihan.

“Saya tidak biasa mengklaim, tapi membuktikan saja soal suara yang akan masuk nantinya,” tegas dia.

Setelah deklarasi dukungan terhadap Jokowi-Ma’ruf ini, pastinya seluruh elemen pengagum Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu akan bergerak dengan segala kreatifitas masing-masing.

“Jadi ini pendekatannya bukan dari atas ke bawah tapi memang pendekatan dari bawah ke atas,” pungkas Yenny.

(dna/JPC)